REVITALISASI UKS DALAM MENDUKUNG PELAYANAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Riki Ristanto, Maulana Arif Murtadho

= https://doi.org/10.26753/empati.v4i1.1039
Abstract views = 216 times | views = 42 times

Abstract


Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) merupakan salah satu upaya untuk membina dan mengembangkan pola hidup sehat sekaligus upaya peningkatan kualitas kesehatan peserta didik di sekolah/madarasah khususnya di Sekolah Dasar Inklusi. Beragamnya sarana prasarana dan kegiatan UKS/M yang ada, nyatanya belum dilengkapi dengan system pencatatan dan manajemen kegiatan yang baik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kelengkapan administrasi dan tata kelola manajemen UKS di sekolah berbasis inklusi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai pada 14 - 20 Agustus 2022.  Fokus kegiatan dilaksanakan di tempat mitra yaitu di SDN Bedali 05 Lawang Malang. Pengabdian masyarakat ini dilakukan menggunakan metode seminar, pendampingan, serta pengadaan alat administrasi dan tata kelola manajemen UKS bagi mitra. Kegiatan seminar dan pendampingan pada program pengabdian masyarakat ini diikuti oleh Kader Dokter Kecil UKS sejumlah 19 siswa. Target luaran yang telah dicapai pada program pengabdian masyarakat ini berupa jasa dan produk. Jasa yang dimaksud adalah pemberian seminar dan pelatihan serta pendampingan tentang administrasi pelayanan UKS. Sedangkan Produk yang akan dihasilkan melalui kegiatan ini berupa modul sebagai sarana belajar mandiri bagi guru dan siswa untuk lebih menguasai tentang administrasi pelayanan UKS dan buku-buku pencatatan kegiatan UKS. Program pengabdian masyarakat ini terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Kader Dokter Kecil tentang pengertian pencatatan administrasi pelayanan UKS, manfaat pencatatan UKS, macam-macam pencatatan administrasi pelayanan UKS, pemanfaatan catatan administrasi layanan UKS untuk pengembangan program UKS sejumlah 50%. Peningkatan pengetahuan yang paling menonjol adalah pada sub materi macam-macam pencatatan administrasi pelayanan UKS. Ketrampilan Kader Dokter Kecil terkait pencatatan administrasi layanan UKS juga mengalami peningkatan sejumlah 35%. Peningkatan ketrampilan yang paling mencolok ada pada pencatatan anak sakit dan inventaris barang dan obat. Diharapkan Kader Dokter Kecil di SDN Bedali 05 Lawang dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan secara mandiri dan semoga dapat menginspirasi bagi UKS Sekolah Dasar berbasis inklusi di tempat lainnya.

Full Text:

PDF

References


Apriani, L., & Gazali, N. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20-28.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Petunjuk Teknis Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah, Jakarta, 2008.

Depkes RI. (2001). Pedoman, Modul dan Materi Pelatihan Dokter Kecil. Jakarta. Hal. 7-13

Depkes RI. (2001). Pedoman, Modul dan Materi Pelatihan Pengelola UKS. Jakarta. Hal. 7-13

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hidayat, K. (2020). Peran usaha kesehatan sekolah (UKS) sebagai proses prilaku hidup bersih dan sehat peserta didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif

Rahmawati, E. I., & Soetopo, H. (2015). Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(6), 571-577.

Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018). Penerapan UKS dengan PHBS di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 17(1), 16-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id