EDUKASI TUMBUH KEMBANG REMAJA PUTRI DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA AISYIYAH

Arnika Dwi Asti, Wulan Rahmadhani, Puji Handoko

= https://doi.org/10.26753/empati.v4i2.1167
Abstract views = 95 times | views = 28 times

Abstract


Latar Belakang : Masa remaja diasosiasikan dengan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Masa ini disebut juga sebagai masa pubertas dimana terjadi percepatan pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun psikologis. Perubahan ini menimbulkan perasaan bingung, ketakutan dan kecemasan, ketidakstabilan emosi yang seringkali berujung pada kenakalan remaja atau tindak kriminalitas. Remaja perlu pendampingan orangtua dan perlu informasi seputar perubahan diri remaja. Bagi remaja yang tinggal di panti, ketidakhadiran orangtua beresiko membuat proses pendampingan menjadi tidak optimal. Di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Aisyiyah Kecamatan Gombong terdapat 16 anak remaja putri dengan 4 orang pengasuh. Sebagian dari mereka adalah anak yatim, piatu maupun dhuafa. Peran pengasuh sebagai pengganti orantua tidak sepenuhnya terpenuhi karena pengasuh ini juga memiliki keluarga sendiri. Remaja di panti ini juga belum pernah mendapatkan penyuluhan mengenai perubahan dan tumbuh kembang remaja.

Tujuan : Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan informasi dan pemahaman bagi remaja putri di panti asuhan yatim dan dhuafa Aisyiyah Gombong mengenai tumbuh kembang remaja.

Metode : Kegiatan dilakukan selama 3x pertemuan dengan pemberian 3 materi yang berbeda. Setiap materi dipaparkan oleh narasumber kemudian dilakukan diskusi dan tanya jawab. Pengukuran tingkat pemahaman terhadap materi dilakukan melalui pre dan post test setiap materi.

Hasil :  Hasil penghitungan nilai pre dan post test menunjukkan peningkatan pengetahuan rerata sebesar 24% untuk masing-masing materi. Hal ini menunjukkan bahwa proses edukasi memberikan dampak positif berupa peningkatan pengetahuan.

Simpulan : Diperlukan upaya edukasi secara berkelanjutan untuk dapat mendampingi remaja putri di panti asuhan yatim dan dhuafa Aisyiyah Gombong agar remaja dapat melalui fase tumbuh kembang secara optimal.


Full Text:

PDF

References


Ahyani, L.N., Astuti, D. (2018). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Kudus. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus

Asiah, N. (2016). Pengaruh Penyuluhan dalam Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Pengurus Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa UHAMKA. Arsip Kesehatan Masyarakat (ARKESMAS) Journal, Vol 1, No 2.

Nur, H., Daulay, N. (2020). Dinamika dan Perkembangan Remaja : Problematika dan Solusi. Jakarta. Prenada Media Group.

Rahmadhani, W., Asti, A.D. (2020). Peningakatan Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Pendampingan Kelompok Terapeutik di Desa Indrosari, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen. Jurnal Empati. 1 (1), Oktober 2020. DOI : 10.26753/empati.v1i1.425

Rahmayanti, D., Damayanti, E.A.F., Santi, E. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Beresiko Pada Remaja Daerah Tambang. Dunia Keperawatan, Volume 7, Nomor 1, Maret 2019: 41-47

Rinmalae, M.P., Regaletha T. A. L, Benu,J.M.Y. (2019). Harga Diri dan Penerimaan Diri Remaja Akhir di Panti Asuhan Sonaf Maneka Kelurahan Lasiana Kota Kupang. Journal of Health and Behavioral Science (4), Desember 2019. https://doi.org/10.35508/jhbs.v1i4.2104

Sururi, M.M.A., Muslikhah. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Aktualisasi Diri Dengan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Di Purbalingga. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 7 (1), April 2020.

Umami, I. (2019). Psikologi Remaja. Yogyakarta. IDEA Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id