PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN TUBERKULOSIS

Arif Hendra Kusuma, Atika Dhiah Anggraeni

= https://doi.org/10.26753/empati.v2i1.521
Abstract views = 967 times | views = 246 times

Abstract


Tuberkulosis merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Eliminasi tuberkulosis juga menjadi salah satu dari  fokus utama pemerintah di bidang kesehatan. Program pengendalian terhadap tuberkulosis, salah satunya yaitu TOSS TB (Temukan TB, Obati Sampai Sembuh). Program TOSS TB diharapkan mampu menggerakkan masyarakat untuk turut serta menemukan kasus-kasus TB baru yang ada di lingkungan sekitar dan memantau pengobatannya hingga tuntas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat dalam mencegah penularan TB dan menjalani pengobatan sampai sembuh. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu penyuluhan kesehatan dan pelatihan kader kesehatan tentang program pengendalian tuberculosis dengan TOSS TB. Sasaran kegiatan ini adalah kader kesehatan masyarakat Desa Karangkemiri dengan jumlah peserta 38 orang. Hasil dari kegiatan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader kesehatan masyarakat tentang tuberculosis dan program pengendalian tuberculosis. Kesimpulan kegiatan pemeberdayaan kader kesehatan masyarakat  dalam pengendalian tuberculosis bermanfaat bagi kader kesehatan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Indonesia, K. (2011). Strategi nasional pengendalian TB di Indonesia 2010-2014. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta.

KEMENKES, R. (2016). Infodatin: Tuberkulosis Temukan Obati Sampai Sembuh. Jakarta: Pusat Data Dan Informasi.

Muna, L., & Soleha, U. (2014). Motivasi Dan Dukungan Sosial Keluarga Mempengaruhi Kepatuhan Berobat Pada Pasien TB Paru Di Poli Paru Bp4 Pamekasan. Journal of Health Sciences, 7(2).

Pratama, M. Y., Gurning, F. P., & Suharto, S. (2019). Implementasi Penanggulangan Tuberkulosis di Puskesmas Glugur Darat Kota Medan. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(2), 196-205.

Umiasih, S., & Handayani, O. W. K. (2018). Peran Serta Kelompok Masyarakat Peduli Paru Sehat dalam Program Pengendalian Penyakit Tuberkulosis. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(1), 125-136.

Yulianto, R. (2014). Pengaruh Kepatuhan Penggunaan Obat Pada Pasien Tuberkulosis Terhadap Keberhasilan Terapi Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Di Surakarta Tahun 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id