PEMBENTUKAN KADER KESEHATAN REMAJA DAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DENGAN EDUKASI PADA SANTRIWATI

Diah Astutiningrum, Ernawati Ernawati, Eka Riyanti

= https://doi.org/10.26753/empati.v3i1.746
Abstract views = 264 times | views = 49 times

Abstract


       Saat remaja terjadi proses pematangan organ reproduksi yang disebut dengan Pubertas, biasanya ditandai dengan terjadinya menstruasi. Ketika terjadi menstruasi, pembuluh darah dalam rahim sangat rentan terkena infeksi.       Remaja yang belum tahu tentang masalah-masalah yang timbul akibat menstrual hygiene yang tidak benar masih cukup banyak. Permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita sangatlah penting pada masa usia tersebut akan tetapi belum mendapatkan perhatian dan prioritas dari pengurus pondok serta belum memiliki kerjasaman dengan pihak lain dalam menangani hal ini. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi persoalan mitra tersebut adalah dengan memberikan edukasi kepada santriwati dan pengasuh pondok pesantren

Tujuan: kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku santriwati terhadap menstrual hygiene dan terbentuk sebuah kelompok kader kesehatan remaja putri yang terdiri dari anggota santriwati maupun pembimbing, bahkan diharapkan dapat terbentuk sebuah unit kesehatan di pondok pesantren

Metode: Metode pelaksanaan edukasi ini dengan ceramah, diskusi dan demonstrasi secara langsung selama tiga kali pertemuan dengan setiap pertemuan selama dua jam. Ceramah menggunan media booklet, vidio dan tampilan power point, sedangkan demontrasi digunakan untuk memperagakan cara perawatan dan pencegahan keluhan disminorea dengan mengajarkan senam disminorea. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dengan menggunakan quesioner pengetahuan hygiene menstruasi.

Hasil: Peserta berjumlah 40 santriwati, usia peserta edukasi menstrual hygiene berkisar dari 10 tahun sampai dengan 17 tahun. Dimana usia tersebut merupakan usia menjelang menstruasi sampai sudah mengalami menstruasi. Hasil    post  test  setelah  dilakukan  edukasi  terbukti  meningkat dibandingkan hasil pre test

Kesimpulan: Tingkat pengetahuan pada pre test sebagian besar berada   pada  kategori   cukup   sebanyak   24  anak   (60%)   dan  pada   post  test menunjukkan tingkat pengetahuan meningkat menjadi kategori cukup sebanyak 20 (50%) anak dan kategori baik sebanyak 20 anak (50%)

 

Kata kunci: Menstrual Hygiene 1; Edukasi 2; Pengetahuan 3


Full Text:

PDF

References


Zakir, Mardiana. 2016. Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kebersihan Alat Genitalia Saat Menstruasi. Jurnal Keperawatan, Volume XII, No. 1, April 2016.

Dolang , M. W., Rahma, Muhammad, I. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Hygiene Menstruasi Pada Siswi Sma Negeri 1 Seseankabupaten Toraja Utara. JURNAL MKMI, Maret 2013.

Meinarisa. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menstrual Hygiene (PMH) Terhadap Sikap Remaja Putri dalam Menjaga Kebersihan Diri Selama Menstruasi. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan Vol 4(1) Februari 2019.

Sari, I. P., Novi, K. F., Laily, Y. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Menstruasi Terhadap Perubahan Perilaku Menstrual Hygiene Remaja Putri Untuk Pencegahan Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. 2018. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Jawa Tengah : Dinkes provinsi Jawa Tengah. Notoatmodjo. 2014. Promosi dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta.

Purwanti, Sri. 2017. Praktik Kebersihan Saat Menstruasi Pada Remaja Di Kabupaten Pati Tahun 2017. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ratnasari, dkk. 2019. Pengaruh Peer Educatiom Terhadap Pengetahuan Personal Hygiene Masa Menstruasi Remaja Awal Di Pondok Pesantren Puteri Kota Makasar. Jurnal Of Islamic Nursing Vol. 4, No. 2, Desember 2019.

Sinaga, E., dkk. 2017. Manajemen Kesehatan Menstruasi. Universitas Nasional, IWWASH, Global One.

UNICEF. 2016. Menstruasi Hygiene Management. UNICEF

Nur’aini. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Menstrual Hygiene Pada Siswi Di SDI Sl-Falah I Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fitriyah, I. 2014. Gambaran Perilaku Hygiene Menstruasi Pada Remaja Putri Di Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah Kerja Puskesmas Pisangan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nugraheni, D.Y. 2018. Pengaruh Peer Group Education Terhadap Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi Di SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun. Madiun: Stikes Bhakti Husada Mulia.

Nursalam & Effendy, F. 2013. Pendidikan Dalam keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Zuraidah, Y. 2013. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Mencuci Tangan Dengan Benar Pada Siswa SD Kota Lubuklinggau Tahun 2013. Jurnal Fakultas Keperawatan. Politeknik Kesehatan Palembang.

Sarwono, 2011. Ilmu Kandungan, edisi ketiga. Jakarta : PT Bina Pustaka.

Kusmiran, 2012. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta ; Salemba Medika.

Utami, U. 2018. Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri Pada Saat Menstruasi Di SMP N 1 Masaran. Karanganyar : STIKES Mitra Husada karanganyar.

Widyastusi, Y., dkk. 2011. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya.

Manek, M. O. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Vulva Hygiene Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin. STIKES Patria Husada Blitar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id