PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MINAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI DENGAN POSTER MELALUI LURING DAN DARING DI KECAMATAN PRINGSEWU UTARA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Cynthia Puspariny, Analia Kunang

= https://doi.org/10.26753/empati.v3i2.820
Abstract views = 125 times | views = 8 times views = 13 times

Abstract


Berdasarkan data BKKBN Provinsi Lampung Penggunaan Alat Kontrasepsi pada masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan meski tidak terlalu signifikan sehingga upaya upaya mencegah kehamilan dengan mengerahkan PKB/PLKB serta kader untuk mencegah putus pakai penggunaan alat kotrasepsi. Upaya penekanan lonjakan kelahiran bayi dapat dilakukan dengan peningkatan pengetahuan minat tentang penggunaan Kontrasepsi terhadap pasangan usia subur.  Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberi pengetahuan tentang alat dan metode kontrasepsi dalam menekan lonjakan kelahiran bayi dengan penyuluhan modifikasi klasikal dan pendekatan teknologi informasi pemanfaatan group Whatsaap. Sasaran kegiatan ini adalah wanita  usia subur 15 – 45 tahun baik yang menggunakan kontrasepsi maupun yang tidak menggunakan kontrasepsi pada kegiatan posyandu selama masa pandemi Covid-19 sebanyak 36 orang. Pelaksanaan kegiatan dibedakan menjadi 3 tahapan yaitu mengkaji pemahaman mengenai kontrasepsi,, tahap ke dua melakukan penyuluhan  dengan menggunakan Media Poster metoda Luring (luar Jaringan) dan pendataan akun Whatsaap dan yang ke tiga melakukan evaluasi melalui group Whatsapp dan Googel Form metoda Daring (dalam Jaringan). Hasil Kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan minat tentang kontrasepsi. Sehingga dapat membatasi jumalah kelahiran pada masa pandemi.


Full Text:

PDF PDF

References


Batubara dan Noor. (2017). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam.". Jurnal Pengabdian AlIkhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 2(1).

BKKBN. (2019). Hasil Analisis dan Evaluasi Program KKBPK-Maret 2019. Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Departemen Kesehatan RI. (2015). Aplikasi Data Rutin Kesehatan Ibu Tahun 2014.

Nurul, Aktifah, and Dkk. 2022. “Jurnal Empati.” Masyarakat, Edukasi 3(1): 44–53. http://ejournal.unimugo.ac.id/EMPATI/article/view/781/365.

Nasution. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan MKJP di Enam Wilayah Indonesia. Pusat Penelitian Dan Pengembangan KB Dan Keluarga Sejahtera BKKBN, 6, 57.

World Health Organization. (2014). World Health Statistic.

Megaria Purba, Endang Budiati, A. D. 2020. “Determinan Perilaku Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Unmet Need KB Pada Pasangan Usia Subur (PUS) Di Kota Bandar Lampung.” Malahayati Nursing Journal 2: 491–504.

Wardoyo, H. 2020. “Pandemi Covid-19 Bisa Picu Baby Boom.” Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/read/detail/309951-pandemi-covid-19-bisa-picu-baby-boom


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id