EDUKASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELUARGA DI ERA DIGITAL PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN JEBRES SAAT PANDEMI COVID-19

Septi Aprilia, Apri Kartikasari HS, Dian Permatasari Kusuma Dayu

= https://doi.org/10.26753/empati.v3i2.848
Abstract views = 248 times | views = 20 times

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mengakibatkan proses belajar mengajar disekolah mengalami transisi menjadi sistem daring.  Secara otomatis orang tua sebagai guru anak-anak di rumah harus siap dengan segala kondisi pembelajaran anak sebagai bentuk konsekuensi pembelajaran daring. Untuk itu, diperlukan edukasi kepada para ibu ibu rumah tangga dalam pembentukan karakter pada anak di era digital ini, terutama saat terjadi pandemic covid 19.  Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi pendidikan karakter berbasis keluarga di era digital saat pandemic covid 19.  Pada kegiatan pengabdian ini menggunakan metode kegiatan adalah melului ceramah, diskusi dan tanya jawab, yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu: Tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap akhir. Hasil pengabdian yang telah dilaksanakan kepada para ibu rumah tangga di RT.01 RW.25 Jebres menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan ibu tentang cara mendidik anak yang berkarakter di era digital saat pandemi covid 19 antara sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian dilakukan. Sebagai bentuk evaluasi kegiatan pengabdian ini, diberikan pretest dan posttest untuk mengukur adanya peningkatan pengetahuan para ibu tersebut, dan hasilnya menunjukkan bahwa sebelum dilakukan pengabdian pengetahuan ibu adalah 42,85% setelah dilakukan pengabdian sebesar 85,71%.  Terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 42,86%.

Full Text:

PDF

References


Aeni Ani Nur. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif. Islam. Jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/, 1, (1): 55.

Amri, Sofan, dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Winkel. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathruna, 7(1), 61. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030.

Husaini. (2019). Kiat Menjadi Guru Keluarga Menyiapkan Generasi Pejuang. Pustaka Arofah : Sukoharjo

Mastuti, Indari. (2018). Muslimah Mompreneur. Pustaka Arofah : Sukoharjo.

Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20.

Sabila Hayati, Arifia. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. 27 (2).

Sekar Kusuma, Wening. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Anak Usia Dini 5 (2): 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940.

Sumarsih T, Nugroho FA. (2020). Edukasi Dampak Negatif Bermain Game Online dan Tontonan Kekerasan pada Siswa SMP Muhammadiyah Gombong. Jurnal Empati (Edukasi Masyarakat dan Bakti), Vol. 1, No. 1. http://ejournal.unimugo.ac.id/EMPATI/article/view/411.https://doi.org/10.26753/empati.v1i1.411

Trisnawati, Wahyu. (2021). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1) : 823 - 831. file:///C:/Users/L%20E%20N%20O%20.

Wisnu, Saputra. (2021). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Tarbawy: 8 (1). https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/1609.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id