PELATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA PMR MADYA DI SMPN II AMBAL KABUPATEN KEBUMEN

Endah Setianingsih, Putra Agina Widyaswara Suwaryo, Umi Sangadah Abadiyah, Fajar Agung Nugroho

= https://doi.org/10.26753/empati.v4i1.861
Abstract views = 261 times | views = 34 times

Abstract


WHO menyebutkan kematian akibat kecelakaan merupakan salah satu penyakit tidak menular dengan kematian tertinggi. Keberhasilan dalam penanganan korban kecelakaan sangat tergantung dengan penanganan pertama yang tepat dan cepat, Time saving is life saving. Pertolongan pertama yang tidak tepat pada korban akan memperburuk kondisi korban. PMR sebagi unsur terkecil dari kepalang merahan merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kesiapsiagaan bencana dan pertolongan pertama pada korban. PMR Madya di SMP N 2 Ambal bertugas di Unit Kesehatan sekolah dan selama ini belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan pertolongan pertama. Metode :Tahap persiapan, menggunakan metode discovery learning, Tahap Pelaksanaan, dibagi menjadi 3, metode yang digunakan Brainstrorming, Lecturer dan Simulasi, Tahap Evaluasi : Menilai pencapaian kognitif pengetahuan peserta dengan kuesioner dan observasi dari simulasi. Total peserta 30 siswa. Hasil : pengetahuan siswa tentang pertolongan pertama sebelum dilakukan pelatihan rata rata 59 setelah dilakukan pelatihan 84, dan nilai skill balut 79,2, bidai 79 dan transportasi 80 .

 

Kata Kunci: Pertolongan Pertama; Kecelakaan, Pelatihan, PMR


Full Text:

PDF

References


Asrina, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Pmr Di Sman 1 Barru= The Effect of First Aid Training on the Knowledge Level of PMR Members at SMAN 1 Barru. Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin.

Christianingsih, S (2017) “ Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Cedera kepala Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan, Dan Efikasi diriSebagai Byatander Trauma Care”repository.ub.ac.id

Huda, N., Zuhroidah, I., Toha, M., & Sujarwadi, M. (2021). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Pada Guru Pembina Dan Anggota PMR. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(2), 323-328.

Juhdeliana., Siswandi, Y.,Panjaitan.,A.,M.,Cicilia.,L.,Hutasoit .,O.,”Edukasi dan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Anggota PMR dan OSIS PAHOA., Prosiding PKM- CSR, Vol 3 (2020)e-ISSN : 2655-3570

Karadag Arki, S, Profesor, A.Yildirim, Z & Senay Karadag Arli, A (2017) The Efeect Basic First Aid Education and Teacher knowledge Level : A Pilot Study. International Journal of Caring Science May, 10(2), 2-183. Retrieved from www.internationaljournalof caring science.org

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2016) Modul 3 diklat Jalan Berkeselamatan, Data Kecelakaan Lalu lintas, https://simantu.pu.go.id/epel/edok/38073_3-Data_Kecelakaan_Lalu_Lintas__RA_.

Listiana, D. (2019). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswa/i Palang Merah Remaja (PMR) Di SMA N. 4 Kota Bengkulu. CHMK Nursing Scientific Journal, 3(2), 145-156.

Marsaid, M. (2020). Optimalisasi UKS dalam Penanganan Kegawatdaruratan Dasar di Sekolah melalui Pelatihan Kegawatdaruratan Dasar bagi PMR di SMP Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 117-124.

Sumadi, P., Laksmi, I. A. A., Putra, P. W. K., & Suprapta, M. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Anggota PMR Di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1)

.

Yuda, H. T., & Suwaryo, P. A. W. (2020). Simulasi Penanganan Korban Bencana Banjir Wilayah Sempor Di Lapangan Tembak Bejiruyung Sempor Kebumen. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 1(1), 8-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id