PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG HEPATITIS DAN JAMU

Titi Pudji Rahayu, Dwi Naharani, Nurul Hidayah, Siti Khoiriyah

= https://doi.org/10.26753/empati.v4i1.871
Abstract views = 587 times | views = 281 times

Abstract


Hepatitis merupakan suatu penyakit yang mengalami proses inflamasi atau nekrosis pada jaringan hati yang disebabkan oleh infeksi virus, obat-obatan, toksin, gangguan metabolik, maupun kelainan sistem antibodi. Jamu merupakan salah bahan herbal yang diyakini mampu mencegah dan mengobati penyakit hepatitis. Metode: Metode pengabdian masyarakat melalui penyuluhan mengenai peningkatan pengetahuan tentang hepatitis dan jamu. Hasil: Penyuluhan ini diikuti oleh peserta dengan antusias dengan didukung suasana yang kondusif saat pemateri memaparkan materinya dengan menarik dan mudah dipahami oleh para peserta. Materi penyuluhan yang disampaikan terdiri dari dua materi, yaitu tentang masalah hepatitis dan tentang jamu dari bahan-bahan herbal disekitaar. Kesimpulan: Peserta penyuluhan dapat memahami materi yang disampaikan oleh pemateri. Hal tersebut ditunjukkan ketika peserta penyuluhan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia dengan baik dan benar.


Full Text:

PDF

References


Khuluq, H., Cahyani, T., Kurniawan, I., Hemas, E., Agustina, N., & Agustin, S. T. (2021). Herbal Medicine For Immunostimulant In Kebumen Districts: An Ethnobotany Study. Urecol Journal. Part C: Health Sciences, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.53017/ujhs.74

Kunoli. (2013). Pengantar Epidemiologi Penyakit Menular. Trans Info Media.

Paryono, A. K. (2014). Kebiasaan Konsumsi Jamu Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Saat Hamil Dan Setelah Melahirkan Di Desa Kajoran Klaten Selatan Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, 3(1), 64–72.

Rahayu, T. P., Khuluq, M. H., & Fitriyati, L. (2022). Edukasi Bahaya Bahan Kimia Obat Yang Terdapat di Dalam Obat Tradisional Desa Jagasima Klirong Kebumen Prosiding University Research Colloquium. p. 98–102.

Septi Kurniasih. (2012). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Siswa terhadap Penyakit Hepatitis A Dengan Tingkat Risiko Penyakit Hepatitis A Di Sma Negeri 4 Depok, Kota Depok Depok. Skripsi. Unversitas Indonesia

Wiroreno B. (2011). Cegah Hepatitis A dengan Imunisasi. Nuha Medika.

World Health Organization, W. (2014). World Health Statistics. In Implementation Science (Vol. 39, Issue 1).

Yunarto, N. (2013). Prospek Tanaman Obat Sebagai Antihepatitis. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 3(2), 60–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id