HUBUNGAN KOMUNIKASI PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT
= https://doi.org/10.26753/hombis.v3i1.1418
Abstract views = 152 times | views = 35 times
Abstract
Komunikasi merupakan aspek krusial dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Komunikasi antara perawat dan pasien merupakan interaksi yang terjadi antara individu atau antara dua orang atau lebih, yang bersifat informal dan terbuka, yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kesehatan pasien. Komunikasi sebagai sarana kolaborasi dengan pasien untuk memastikan mereka menerima perawatan yang baik dan positid, serta memberikan dampak signifikan terhadap kepuasan pasien atas perawatan yang telah diterimanya. Selain itu, komunikasi juga berperan penting dalam memotivasi pasien dalam proses penyembuhan. Komunikasi yang efektif dan mampu membangun kepercayaan antara perawat dengan pasien atau keluarganya dapat menghasilkan perawatan yang lebih memuaskan dan positif. Studi Literatur ini bertujuan untuk menilai hubungan antara komunikasi dan kepuasan pasien di Fasilitas Kesehatan. Dari tinjauan terhadap tujuh jurnal, ditemukan adanya keterkaitan yang relevan antara hubungan dengan kepuasan pasien di fasilitas kesehatan.
Kata kunci : Komunikasi, Pelayanan Keperawatan, Kepuasan
Full Text:
PDFReferences
Drapeaux A, Jenson JA, Fustino N. The Impact of COVID-19 on Patient Experience Within a Midwest Hospital System: A Case Study. J Patient Exp. 2021;8:23743735211065298.
Espinoza Suarez NR, Urtecho M, Nyquist CA, Jaramillo C, Yeow ME, Thorsteinsdottir B, et al. Consequences of suboptimal communication for patients with limited English proficiency in the intensive care unit and suggestions for a way forward: A qualitative study of healthcare team perceptions. J Crit Care. 2021 Feb;61:247–51.
Choi YR, Chang SO. Exploring interprofessional communication during nursing home emergencies using the SBAR framework. J Interprof Care. 2023;37(1):83–90.
AENALIA IKRIMA FATIKHAH NA. HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG [Internet] [Doctoral]. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GOMBONG; 2021 [cited 2024 Mar 28]. Available from: https://repository.unimugo.ac.id/2195/
Borowska M, Religioni U, Mańczuk M. Hospital Care for Cancer Patients-Education and Respect for Patient Rights. Healthcare (Basel). 2024 Feb 18;12(4):494.
Borowska M, Religioni U, Augustynowicz A. Patients’ Opinions on the Quality of Services in Hospital Wards in Poland. Int J Environ Res Public Health. 2022 Dec 27;20(1):412.
Al-Hammouri F, Hamdan KM, Haymour AM, Ibrahim MO, Malkawi A, Al-Hiary SS, et al. Quality of nursing care: Predictors of patient satisfaction in a national sample. Nurs Open. 2024 Aug;11(8):e2252.
Ercis M, Seçkin M, Ayık B, Üçok A. Correlates of Patient Satisfaction in Psychiatric Inpatient Care: A Survey Study from a Tertiary Hospital in Turkey. J Psychosoc Nurs Ment Health Serv. 2021 Apr;59(4):38–47.
Zhou W, Xiao S, Xie G, Ouyang F, Luo B. A comparison of patient-reported quality between inpatient services for mental and physical health: A tertiary-hospital-based survey in China. Front Psychiatry. 2023;14:1090892.
Tan X, He Y, Ning N, Peng J, Wiley J, Fan F, et al. Shared decision-making in the treatment of adolescents diagnosed with depression: A cross-sectional survey of mental health professionals in China. J Psychiatr Ment Health Nurs. 2024 Jun;31(3):340–51.
Liu S, Li G, Liu N, Hongwei W. The Impact of Patient Satisfaction on Patient Loyalty with the Mediating Effect of Patient Trust. Inquiry. 2021;58:469580211007221.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0211; e-ISSN:2829-7997) is licensed under
a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412
email: hombis@unimugo.ac.id