HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SUAMI TENTANG PERSALINANDENGAN PENENTUAN PENOLONG PERSALINAN DI DESA KALIJAYA, KECAMATAN ALIAN, KABUPATEN KEBUMEN

ika ayu lestari, cokro aminoto, rosamawati -

Abstract


Berdasarkan data di Pos Kesehatan Desa (PKD) Desa Kalijaya tahun 2009 (Agustus-oktober), jumlah persalinan ada 20, persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan sebanyak 8 orang (40%) dan  12 orang (60%) ditolong oleh dukun bayi. Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara dengan 10 orang suami dari ibu yang melahirkan dengan dukun tersebut, dapat diketahui bahwa 8 orang diantaranya (80,00%) mempunyai pengetahuan cukup baik tentang masalah persalinan, sedangkan 2 orang (20,00%) kurang baik pengetahuannya. Kondisi empiris ini mendorong penulis untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang persalinan dengan penentuan penolong persalinan di Desa Kalijaya Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen tahun 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang persalinan dengan penentuan penolong persalinan di Desa Kalijaya Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen tahun 2010.

Penelitian ini menggunakan pendekatan waktu cross sectional dengan desain deskripsi korelasi, antara tingkat pengetahuan suami tentang persalinan sebagai variabel bebas  (X) dengan penentuan penolong persalinan sebagai variabel terikat (Y). Besar sampel yang digunakan yaitu 33 orang suami dari ibu yang mempunyai anak dibawah tiga tahun (batita) di Desa Kalijaya, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner untuk  menjaring data variabel tingkat pengetahuan suami tentang persalinan (X) dan variabel penentuan penolong persalinan (Y), yang sebelumnya telah diuji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan diuji pula reliabiliasnya menggunakan rumus Spearman-Brown. Analisis datanya menggunakan rumus korelasi non-parametris koefisien kontingensi.

Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan responden tentang persalinan dengan penentuan penolong persalinan anaknya di Desa Kalijaya Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen, dengan perolehan koefisien kontingensi  (C) 0,116 dan Approx.sig. 0,798.

 

Kata kunci: pengetahuan persalinan suami, penolong persalinan, korelas

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id