PENGARUH PEMBERIAN BOOKLET ‘PIRING UNTUK BUMIL’ TENTANG GIZI SEIMBANG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TRIMESTER I

ERNANDA ARIFKA MAHARANI, HAPPY DWI APRILINA

= https://doi.org/10.26753/jikk.v16i1.434
Abstract views = 704 times | views = 277 times

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang : Gizi Seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

 

Tujuan :Untuk mengetahui pengaruh media Booklet ‘Piring Untuk Bumil’ Tentang Gizi Seimbang Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Trimester I.

 

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Jenis penelitian Pre-experimental desain dengan metode one group pretest-postest design.

 

Hasil Penelitian :Penelitian menunjukan nilai rata-rata pengetahuan sebelum diberikan booklet ‘Piring Untuk Bumil’ adalah 6.75 dan sesudah diberikan booklet ‘Piring Untuk Bumil’ adalah 14.84. Sedangkan sikapnya sendiri rata-rata sebelum diberikan booklet ‘Piring Untuk Bumil’ adalah 4.81 sedangkan rata-rata sesudah diberikan booklet ‘Piring Untuk Bumil’ adalah 9.36. Hasil penelitian menggunakan media booklet terjadi peningkatan skor pre-test maupun post-test.

 

Kesimpulan : Ada pengaruh pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan booklet ‘Piring Untuk Bumil’ tentang gizi seimbang pada ibu hamil Trimester I.

 

Kata Kunci : gizi seimbang, ibu hamil, booklet

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id