PENGARUH FAMILY PSYCHOEDUCATION (FPE) TERHADAP KECEMASAN CAREGIVER MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN GANGGUAN JIWA BERAT

Zulhaini Sartika A. Pulungan, Ice Yulia Wardani, Herni Susanti

Abstract


Deinstitusionalisasi layanan kesehatan jiwa mengharuskan keluarga dapat menjadi perawat utama bagi klien gangguan jiwa. Ketidaksiapan keluarga dapat mengakibatkan kesulitan pada keluarga seperti stres psikologis akibat memiliki keluarga yang mengalami gangguan jiwa, kebutuhan keluarga yang tidak terpenuhi, kendala keuangan, kurangnya dukungan sosial, gangguan fungsi keluarga, stigma, diskriminasi, dan ekspresi emosi. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh family psychoeducation (FPE) terhadap kecemasan caregiver merawat anggota keluarga dengan gangguan jiwa berat. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus. Sampel terdiri dari 1 keluarga yang merupakan caregiver utama klien. Intervensi family psychoeducation dilakukan dengan kunjungan rumah selama 5 minggu dengan 6 sesi pertemuan yaitu: 1) mengidentifikasi masalah klien dan keluarga; 2) merawat masalah klien; 3) manajemen stres keluarga; 4) manajemen beban keluarga; 5) memanfaatkan sistem pendukung; dan 6) mengevaluasi manfaat psikoedukasi keluarga. Intervensi dilakukan dengan frekuensi seminggu sekali namun untuk sesi 5 dan 6 dilakukan dalam satu minggu. Durasi rata-rata 45-60 menit setiap sesi. Instrumen yang digunakan adalah Self-Reporting Questionnaire (SRQ)-20. Hasil pengukuran Self-Reporting Questionnaire (SRQ)-20 sebelum intervensi family psychoeducation adalah 9, caregiver mengalami kecemasan yang dapat dikategorikan pada gangguan mental emosional. Sesudah intervensi family psychoeducation terjadi penurunan skor SRQ menjadi 3 yang dapat dikategorikan pada kondisi sehat. Kesimpulan family psychoeducation menurunkan kecemasan caregiver dalam merawat anggota keluarga dengan gangguan jiwa berat. Family psychoeducation dapat dijadikan sebagai terapi bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan jiwa berat.

Full Text:

PDF

References


Beusenberg, M., & Orley, J. (1994). A user’s guide to the Self Reporting Questionnaire (SRQ). World Health Organization. https://apps.who.int/iris/bitstream/ha ndle/10665/61113/WHO_MNH_PSF _94.8.pdf?sequence=1

Bisbee, C. C., & Vickar, G. M. (2012). A review of psycho education for patients with schizophrenia. Psychiatric Annals, 42, 205–210. 10.3928/00485713-20120606-03

Eloia, S. C., Mara, S., & Eloia, C. (2018). Family burden among caregivers of people with mental disorders: an analysis of health services. 3001–3012. https://doi.org/10.1590/1413-81232018239.18252016

Iseselo, M. K., Kajula, L., & Yahya-malima, K. I. (2016). The psychosocial problems of families caring for relatives with mental illnesses and their coping strategies: a qualitative urban based study in Dar es Salaam. BMC Psychiatry, 16(146), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12888-016-0857-y

Lasebikan, V. O., & Ayinde, O. O. (2013). Family Burden in Caregivers of Schizophrenia Patients : Prevalence and Socio - Demographic Correlates. 35(1), 60–66. https://doi.org/10.4103/0253-7176.112205

Lucksted, A., Mcfarlane, W., Downing, D., Dixon, L., & Adams, C. (2012). Recent developments in family psychoeducation as an evidence-based practice. Journal of Marital and Family Therapy, 38, 101–121. https://doi.org/10.1111/j.1752-0606.2011.00256.x

McFarlane, W. R. (2016). Family interventions for schizophrenia and the psychoses: A review. Family Process, 55, 460–482. https://doi.org/10.1111/famp.12235

Miklowitz, D. J., Schneck, C. D., Singh, M. K., Taylor, D. O., George, E. L., Cosgrove, V. E., & Chang, K. (2013). Early intervention for symptomatic youth at risk for bipolar disorder: a randomized trial of family-focused therapy. Journal of the American Academy of Child, 52(2), 121–131.

Ong, H. S., Fernandez, P. A., & Lim, H. K. (2021). Family engagement as part of managing patients with mental illness in primary care. Singapore Medical Journal, 62(5), 213–219. https://doi.org/10.11622/smedj.2021057

Rochmawati, D. H., Huda, A. N., Kuncoro, J., & Setyowati, W. E. (2021). Family psychoeducation (FPE) therapy for family anxiety in caring for family members with mental disorders. Enfermeria Clinica, 31, S165–S169. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2020.12.015

Sharma, R., Sharma, S. C., & Pradhan, S. N. (2018). Assessing Caregiver Burden in Caregivers of Patients with Schizophrenia and Bipolar Affective Disorder in Kathmandu Medical College. Journal of Nepal Health Research Council, 15(3), 258–263. https://doi.org/10.3126/jnhrc.v15i3.18851

Sveinbjarnardottir, E. K., Svavarsdottir, E. K., & Wright, L. M. (2013). What are the benefits of a short therapeutic conversation intervention with acute psychiatric patients and their families? A controlled before and after study. Int J Nurs Stud, 50(5), 593–602. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2012.10.009.

Turner, D. T., Van Der Gaag, M. Karyotaki, E., & Cuijpers, P. (2014). Psychological Interventions for Psychosis: A meta-analysis of comparative outcome studies. American Journal of Psychiatry, 171, 523-538.

Wright, A., Browne, J., Mueser, K. T., & Cather, C. (2020). Evidence-based psychosocial treatment for individuals with early psychosis. Adolescent Psychiatric Clinics, 29(1), 211–223.

Yesufu-Udechuku, A., Harrison, B., Mayo-Wilson, E., Young, N., Woodhams, P., Shiers, D., & Kendall, T. (2015). Interventions to improve the experience of caring for people with severe mental illness: Systematic review and meta-analysis. The British Journal of Psychiatry: The Journal of Mental Science, 206, 268–274. https://doi.org/10.1192/bjp. bp.114.147561

Young, A. S., & Fristad, M. A. (2015). Family-based interventions for childhood mood disorders. Adolescent Psychiatric Clinics, 24(3), 517–534.

Yuliastuti, E., Susanti, H., & Wardani, I. Y. (2021). Studi Kasus: Aplikasi Psikoedukasi Keluarga Dengan Skizofrenia Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Ekspresi Keluarga dan Kepatuhan Pengobatan Pasien. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), 221–234.

Zhou, Y., Yin, H., Wang, M., & Wang, J. (2019). he effect of family-focused psychoeducational therapy for autism spectrum disorder children’s parents on parenting self-efficacy and emotion. Archives of Psychiatric Nursing, 33(1), 17–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id