PERANAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DALAM MENDUKUNG KEPUASAN PASIEN

Rasinah Rasinah, Diah Astutiningrum, Siti Mastuti

= https://doi.org/10.26753/jikk.v18i1.780
Abstract views = 374 times | views = 83 times

Abstract


Setiap rumah sakit berusaha untuk menyajikan pelayanan semaksimal untuk mewujudkan kepuasan pasien. Namun demikian, masih ada kesan pada masyarakat bahwa rumah sakit swasta umumnya menyajikan pelayanan yang lebih berkualitas dan memuaskan dibandingkan rumah sakit pemerintah. Kualitas pelayanan berperan penting dalam upaya mewujudkan kepuasan pasien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pasien di RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong, serta menganalisis ada tidaknya perbedaan kepuasan pasien pada kedua rumah sakit tersebut.

 Penelitian ini menggunakan metode survai. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong pada bulan Januari 2022, dengan sampel sebanyak 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode proportionated random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Importance-Performance Analysis dan uji beda (t-test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan kesehatan yang disajikan oleh RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong belum dapat mewujudkan kepuasan pasien. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai kesesuaian antara harapan dengan kinerja yang menunjukkan angka di bawah 1 (satu), yaitu 0,93 pada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan 0,92 pada RSUD Kebumen. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pertama ditolak. 2) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-test sebesar 1,029 yang lebih rendah daripada nilai t-tabel dengan α = 0,05 dan derajat kebebasan n-k yang menunjukkan angka sebesar 1,6730. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis kedua ditolak.

Kata Kunci : kepuasan pasien, kualitas pelayanan, rumah sakit.

Full Text:

PDF

References


Kualitas pelayanan kesehatan yang disajikan oleh RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong belum dapat mewujudkan kepuasan bagi para pasien. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai kesesuaian antara harapan dengan kinerja yang menunjukkan angka di bawah 1 (satu), yaitu 0,93 pada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan 0,92 pada RSUD Kebumen. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pertama yang menyatakan: “Pasien rawat inap di RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong merasa puas dengan pelayanan yang diterima”, ditolak.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-test sebesar 1,029 yang lebih rendah daripada nilai t-tabel dengan α = 0,05 dan derajat kebebasan n-k yang menunjukkan angka sebesar 1,6730. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis kedua yang menyatakan: “Ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kebumen dan RS PKU Muhammadiyah Gombong”, ditolak.

DAFTAR PUSTAKA

Alwy, ST Nurul Aliyah. (2018). “Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD Haji Makassar)”. Tesis. Sekolah Pasca-sarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Arnindiah, Nanda dan Dian Safriantini. (2016).” Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang”. Jurnal Kesehatan. Vol. 11. No. 2. Desember 2018.

Gustini, Eva. (2010). Perbandingan Kepuasan Pasien Jamkesmas dan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan di Puskesmas Sindang Laya Kabupaten Tangerang Tahun 2010. FKM UI, Depok.

Kristine, et al. (2015). “Patients’ Experiences of Trust in The Patient-Nurse Relationship— A Systematic Review of Qualitative Studies”. Journal Of Nursing, 1, 195-209.

Kusuma, D.D. (2018). “Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Poli Jantung Dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017”. Universitas Halu Oleo Kendari.

Moenir, HAS. (2011). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Rineka Cipta, Jakarta.

Muliatsih, Catur Y. (2009). “Pengaruh Motivasi Berprestasi, Budaya Organisasi, Iklim Organisasi dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di RSUD Banyumas”. Tesis. Program Pascasarjana UNSOED Soedirman Purwokerto.

Nahla, Andi P. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pelamonia Kota Makassar. FKM Universitas Hasanuddin Makassar.

Nurani, Dian, dkk. (2021). “Dampak Pandemi Coronavirus Disease-19 terhadap Mutu Pelayanan Kemoterapi di Ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado”. Jurnal e-CliniC, Volume 9, Nomor 2.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Profesional. Salemba Medika, Jakarta.

Pratomo, Bambang S. (2010). “Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Berdasarkan Status Pasien Di Rumah Sakit Sariningsih Bandung”. Tesis. Magister Manajemen, UNSOED Purwokerto.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. (2015). Manajemen Pelayanan; Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Shan, L. et al. (2016). “Patient Satisfaction with Hospital Inpatient Care: Effects of Trust, Medical Insurance and Perceived Quality of Care”. Journal Plos One 11 (10).

Solikhah. (2008). “Hubungan Kepuasan dengan Minat Pasien dalam Pemanfaatan Ulang Pelayanan Pengobatan”. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 11 (4).

Supriyanto & Ernawaty (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Andi, Yogyakarta.

Suryawati, Chriswardani, Dharminto dan Zahroh Shaluhiyah. (2008). “Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah”. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Volume 09 No. 4.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id