PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PANGKAS RAMBUT (STUDI KASUS PANGKAS RAMBUT SEDERHANA)

Iwan Adi Prayitno, Widy Astuti

= https://doi.org/10.26753/jitin.v2i1.1104
Abstract views = 196 times | views = 21 times

Abstract


Pangkas rambut sederhana merupakan salah satu tempat potong rambut di Kebumen. Dengan bayaknya persaingan pangkas rambut yang ada di Kebumen membuat pangkas rambut sederhana harus meningkatkan kualitas pelayanan agar pendapatan tetap stabil dan meningkat. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan perancangan service quality dengan tahapan yaitu mengidentifikasi service quality, merancang strategi peningkatan pelayanan dan menvalidasi hasil rancangan. Hasil identifikasi terhadap 60 responden menunjukan adanya permasalahan yaitu ruang cukur tidak rapi, ruangan cukur panas, kursi cukur tidak nyaman dan parkir sempit. Untuk menyelesaikan hal tersebut dilakukan rancang ulang tata letak fasilitas ruangan pangkas rambut dengan metode 5S. Prinsip seiri diterapkan dengan memilih dan memilah peralatan yang digunakan. Pada tahap seiton dilakukan penataan peralatan dan dilajutkan dengan tahap seiso (pembersihan) pada ruang cukur. Tahap seiketsu dan shitsuke  berturut – turut dilakukan pemantapan serta pembiasaan terhadap penerapan 3 prinsip sebelumnya. Hasil validasi dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukan bahwa hasil desain ruangan memberikan kesan rapi, sejuk, nyaman dan parkir luas.


Keywords


service quality, pangkas rambut, 5S

Full Text:

PDF

References


A. O. A. Nagara and A. Emaputra, "Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA) Studi Kasus XYZ Barbershop," Jurnal Rekayasa Industri, pp. 97-104, 2020.

Y. Prananda, D. R. Lucitasari and M. A. Khannan, "Perancangan Service Quality Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan," Opsi –Jurnal Optimasi Sistem Industri, 2019.

H. Winarno, "Analisis Kualitas Pelayanan Pada Pt.Media Purna Engginering," Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 2018.

A. Baktiar, M. A. Silviandara and A. Susanty, "Perbandingan Kualitas Layanan Ritel Swalayan," Journal Homepage, 2017.

A. S. Lubis and N. R. Andayani, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam," Journal Of Business Administrarion, 2017.

R. C. Putra, B. Praptono and R. M. El hadi, "Usulan Peningkatan Perbaikan Kualitas Pelayanan Seriouscut Babershop Menggunakan Metode Qfd," E-Proceeding Of Engineering, 2016.

D. Radhitiyo, H. S. Rukmi and D. Noviranti, "Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Mitra Family," ©Jurusan Teknik Industri Itenas |, 2015.

W. Wahyani and I. , "Penerapan Metode Service Quality Untuk Menganalisis Kepuasan Pelanggan," 2013.

M. A. Harish, D. Noviranti and H. Adiyanto, "Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Menggunakan Dimensi Bangking," ©Jurusan Teknik Industri Itenas, 2014.

F. Tjiptono, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

D. K. Sofyan and S. , "PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL BERBASIS 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU DAN SHITSUKE)," Jurnal Teknovasi , 2015.

Monica, l "Efek warna dalam dunia design dan periklanan," Humaniora, pp. 1084-1096, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iwan Adi Prayitno, Widy Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412

email: jitin@unimugo.ac.id