Perancangan Strategi Pemasaran Garam Dengan Kombinasi Metode SWOT dan STP (Studi Kasus Kelompok Usaha Garam Sari Laut)

Lukman Hanif, Widy Astuti

= https://doi.org/10.26753/jitin.v1i2.991
Abstract views = 310 times | views = 65 times

Abstract


Strategi pemasaran merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya. Kugar Sari Laut adalah  kelompok usaha garam yang memproduksi garam konsumsi dan garam inovasi. Omset penjualan produk garam selama enam bulan terakhir mengalami penurunan mencapai 20%.  Untuk keberlanjutan perusahaan diperlukan perancangan strategi pemasaran yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan peracangan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT dan STP. Metode SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats) digunakan untuk mengidentifikasi sistem pemasaran di Kugar Sari Laut. Survey identifikasi dimensi kualitas garam  dilakukan kepada 400 responden pengguna garam yang ada di Kabupaten Kebumen.  Observasi faktor internal dan eksternal dilakukan kepada pengelola Kugar Sari Laut. Analisis SWOT menghasilkan empat kriteria internal (material, metode, mesin, orang) dan dua kriteria eksternal (kebutuhan, pesaing). Berdasarkan hasil analisis tersebut dilakukan perancangan strategi pemasaran dengan metode STP (segmenting, targeting, positioning). Hasil rancangan pada aspek segmentasi menghasilkan dua kriteria yaitu: segmentasi demografis dan segmentasi geografis. Targeting menghasilkan enam kriteria yaitu: metode, orang, segmentasi demografis, segmentasi geografis dan durasi uji coba. Positioning dilakukan dengan menambahkan varian kemasan. Tahap selajutnya dilakukan uji coba strategi pemasaran selama dua bulan. Hasil uji coba dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji menunjukan bahwa ada peningkatan penjualan garam di Kugar Sari Laut setelah penerapan sistem pemasaran baru

Keywords


ABSTRACT Market

Full Text:

PDF

References


D. H. Wibowo, Z. Arifin dan S. , “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo),” pp. 59-66, 2015.

R. F. Mohamad, “7 Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Anda Coba,” 05 Januari 2020. [Online]. Available: https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk-yang-harus-anda-coba/.

H. Wijaya dan H. Sirine, “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga PadaPerusahaan Kecap Blekok Di Cilacap,” pp. 175-190, 2016.

P. G. Widjaya, Analisis Sementing, Taregting, Positioning Dan Marketing Mix Pada PT.MURNI JAYA, 2017.

M. Hartati dan R. Rohim, “Perancangan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Swot,” pp. 138-147, 2016.

T. P. H. Atmoko, Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Hotel Cavinton Yogyakarta, pp. 83-93, 2018.

D. R. Indah, Analisis SWOT pada Saqinah Swalayan Di Kota Langsa, pp. 274-292, 2015.

F. F. Ismail and D. Sudarmadi, "Pengaruh Sistem Informasi Akuntasi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada," pp. 1-13, 2019.

D. B. Consultant, “Data Bee Consultant,” 28 Desember 2020. [Online]. Available: http://www.databee.id/2020/12/statistika-non-parametrik-part-uji.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lukman Hanif, Widy Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412

email: jitin@unimugo.ac.id