TADABBUR ALAM SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK USIA DINI DI DESA CILINGGA PURWAKARTA

Faisal Muzzammil, Hulwah Umamah, Hilwa Tsamrotul Fuadah, Alvioni Nadea Fikriah, Intan Zahra Annisa

= https://doi.org/10.26753/empati.v5i1.1321
Abstract views = 160 times | views = 15 times

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini, dilatarbelakangi dari permasalahan mengenai metode pembelajaran bahasa Arab yang kurang menarik dan kurang efektif bagi anak usia dini di wilayah Desa Cilingga. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakanlah kegiatan PkM berupa tadabbur alam sebagai metode pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini di Desa Cilingga Purwakarta. Kegiatan PkM ini memiliki dua tujuan utama, yaitu: (1) Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Tadabbur Alam; (2) Kegiatan Tadabbur Alam sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Service Learning. Secara spesifik, kegiatan PkM ini telah terlaksana dengan baik dan telah mencapai hasil yang baik pada dua realitas berikut: (1) Para siswa MDTA Ianatul Mubtadi mengetahui dan menguasai kosa kata baru dalam bahasa Arab setelah mengikuti kegiatan tadabbur alam; (2) kegiatan tadabbur alam sebagai metode pembelajaran bahasa Arab untuk para siswa MDTA Ianatul Mubtadi cukup efektif dan aplikatif untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab.


Full Text:

PDF

References


Dodego, S. H. A. (2022). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/peshum.v1i2.48

Fadlilah, A. N. (2021). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal dalam Pembelajaran PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.28675

Hambali, H. (2017). Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 99–108. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.345

Herniti, E. (2017). Islam dan Perkembangan Bahasa Melayu. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 81–96.

Huda, N., & Afrita, J. (2023). Pentingnya Bahasa Arab dalam Pendidikan Diplomasi dan Hubungan Internasional. Japendi: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1242–1252. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2335

Maghfiroh, Y. I. (2022). Implementasi Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kemampuan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan [Thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura]. http://etheses.iainmadura.ac.id/3204/

Munadzdzofah, O. (2017). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi. Vocatio: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari, 1(2), 58–73. http://journal.wima.ac.id/index.php/VOCATIO/article/view/1634

Muzzammil, F., Munawwir, Hodijah, L., Fajriah, N. N., Fajriyah, H. N., & Khodijah, I. S. (2024). Pengenalan dan Pelatihan Aplikasi Canva di SMP Negeri Satu Atap Cilingga Purwakarta untuk Menumbuhkan Keterampilan Grafis Siswa. Jurnal Pengabdian West Science, 3(2), 220–236. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpws.v3i02.1009

Nasifah, I., & Abdillah, I. (2021). Konsep dan Implementasi Pendidikan Akidah bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Tadabbur Alam (Kajian Q.S. Al-An’Am Ayat 74-79). JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(3), 209–220. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v1i3.501

Nasution, M. S. (2018). Potensi Wilayah Perbatasan Strategis. Jurnal Kebijakan Publik, 9(2), 117–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v9i2.7413

Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Lingua Franca Edutama. MSEJ: Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2824–2833. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.1014

Rohmadi, M., Hartanto, W., Yudistian, N., Nurhasanah, R. L., Putri, I. E., Akbar, A. (2023). Penyululuhan Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Belajar di SMPN 3 Kapuas Murung Desa Palingkau Asri. Jurnal Empati: Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti, 4(2), 92-100. https://doi.org/10.26753/empati.v4i2.1174


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id