ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Budi Rahardjo, Yunus Agung Kristanto

= https://doi.org/10.26753/hombis.v3i1.1330
Abstract views = 194 times | views = 53 times

Abstract


This research focuses on MSMEs with food and beverage products located in the South Square of the Yogyakarta Palace. The aim of this research is to analyze the influence of service quality and product quality on consumer satisfaction. This study uses a quantitative approach. The research sample consisted of 50 respondents from the population of MSME consumers with food and beverage products in the South Square area. The results of this research indicate that improving the quality of services and products can contribute positively to the level of consumer satisfaction. The managerial implication that can be implemented is that MSME food and beverage product operators located in the South Square of the Yogyakarta Palace can increase consumer satisfaction by improving the quality of the services and products they offer.

Full Text:

PDF

References


Almeida, C. S. de et al. (2016) ‘ETIKA BISNIS’, Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1), pp. 1689–1699.

Amelia, K. et al. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin Donuts di Surabaya dan Sidoarjo)’, BISMA (Bisnis dan Manajemen), 9(1), pp. 43–55. doi: 10.26740/BISMA.V9N1.P43-55.

Astuti, R., dkk. (2018). Inovasi Seni dan Kearifan Lokal di Yogyakarta. Jurnal Kreativitas Seni, 12(3), 112-125.

Cahya, A. D. et al. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta )’, Jurnal Daya Saing, 7(2).

Darmawan, A. (2019). Peran Kraton Yogyakarta dalam Melestarikan Budaya Jawa. Jurnal Peninggalan Sejarah dan Budaya, 8(2), 67-79.

Hair, J. F. (2009). Multivariate data analysis.

Insani, N. A. and Madiawati, P. N. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), pp. 112–122. doi: 10.31955/MEA.VOL4.ISS3.PP112-122.

Kualitas, P. et al. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek’, Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(2), pp. 210–223. doi: 10.31294/JECO.V1I2.2026.

Mentor, K. P. (2017) ‘METODELOGI PENELITIAN BISNIS’, Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar, 1.

Pratama, E. H., Santoso, A. and Girahani, E. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Pada Warung Internet I-Cafe Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Kota Blitar’, JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), p. 179. doi: 10.30737/jimek.v1i2.311.

Rian pratama, M. (2022) ‘Pengaruh Kepercayaan dan Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Intervening Studi pada Konsumen KOSU (Kopi Semua Umur)’, Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 1(3). doi: 10.59663/jebidi.v1i3.104.

Saputro, W. E., Sukimin and Indriastuty, N. (2020) ‘Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal GeoEkonomi, 11(2020), pp. 56–73.

Sukmono. (2017). Budaya Jawa dalam Dinamika Perubahan Sosial di Yogyakarta. Jurnal Kajian Budaya Jawa, 5(1), 23-35.

Utami, S., dkk. (2023). Peran UMKM dalam Pembangunan Ekonomi Lokal di Destinasi Pariwisata: Studi Kasus Alun-alun Selatan Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pariwisata, 10(2), 45-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

This journal (p-ISSN:2830-0211; e-ISSN:2829-7997) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412


email: hombis@unimugo.ac.id