HUBUNGAN KOMUNIKASI SUPORTIF KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM PROFESI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN
= https://doi.org/10.26753/jikk.v16i2.442
Abstract views = 900 times | views = 128 times
Abstract
Abstrak
Mahasiswa profesi dihadapkan dengan berbagai stresor yang rentan menimbulkan stres. Stres dapat berpengaruh menurunkan fokus yang dapat berakibat pada ketidakefektifan pembelajaran. Komunikasi suportif merupakan bentuk dukungan yang dapat menurunkan tekanan emosional dan meningkatkan mekanisme koping sehingga berpotensi menurunkan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana hubungan antara komunikasi suportif keluarga terhadap tingkat stres pada mahasiswa program profesi Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Pemilihan sampel menggunakan metode total sampling yaitu 66 mahasiswa program profesi semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua kuesioner, yaitu Student–Life Stress Inventory dan Experienced Support Instrument. Analisa univariat dilakukan dengan penyajian tabel distribusi frekuensi dan analisa bivariat dilakukan uji metode Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian ini menunjukkan responden berada ditingkat komunikasi suportif rendah yaitu 43 orang (70.5%). Tingkat stres terbanyak stres sedang yaitu 46 orang (75.4%). Hasil uji statistik menggunakan Kolmogrov Smirnov, didapatkan p value=1.000 (α=0.05), karena p>α, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara komunikasi suportif keluarga terhadap tingkat stres pada responden penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka perlu dikaji lebih jauh hal apa saja yang dapat mempengaruhi stres serta mencari penyebab stres spesifik pada mahasiswa profesi.
Full Text:
PDFReferences
Anelia, N. (2012). Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Reguler Program Profesi Ners FKI UI``. Skripsi UI.
Beck DL, Srivastava R. (1991). Perceived level and sources of stress in baccalaureate nursing students. Journal of Nursing Education, 30(3):127-133.
Bragard, I., Etienne, A. M., Merckaert, I., Libert, Y., & Razavi, D. (2010). Efficacy of a communication and stress management training on medical residents’ self-efficacy, stress to communicate and burnout: A randomized controlled study. Journal of Health Psychology, 15(7), 1075–1081. https://doi.org/10.1177/1359105310361992
Burleson, B. R. (2009). Understanding the outcomes of supportive communication: A dual-process approach. Journal of Social and Personal Relationships, 26(1), 21–38. https://doi.org/10.1177/0265407509105519
Dusselier L, Dunn B, Wang Y, Shelley MC 2nd, Whalen DF. (2005). Personal, health, academic, and environmental predictors of stress for residence hall students. Journal of American College Health, 54(1) : 15-24.
Frazier, P. A., Tix, A. P., & Barnett, C. L. (2003). The relational context of social support: Relationship satisfaction moderates the relations between enacted support and distress. Personality and Social Psy¬chology Bulletin, 29, 1133-1146. doi:10.1177/0146167203254545
Harapan, E. & Ahmad, S. (2014). Komunikasi Antarpribadi:Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Jain, A., Sandeep, V. S. (2016). Prevalence of Stress and Coping Strategies Among College Students. J Adv Med Dent Scie Res, 4(6): 95-99.
Jamshidi, N., Molazem, Z., Sharif, F., Torabizadeh, C., & Kalyani, M. N. (2016). The Challenges of Nursing Students in the Clinical Learning Environment : A Qualitative Study, 2016.
Liliweri, Alo. (2011). Dasar - dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
MacGeorge, E. L., Samter, W., & Gillihan, S. J. (2005). Academic stress, supportive communication, and health. Communication Education, 54(4), 365–372. https://doi.org/10.1080/03634520500442236
Paususeke, L. J., Bidjuni, H., & Lolong, J. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di Fakultas Kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan Unsrat Manado.
Pratiwi, I. H. & Laksmiwati, H. (2012). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif terhadap Stres pada Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. Surabaya: Jurnal Ilmiah UNESA.
Rosiek, A., Rosiek-Kryszewska, A., Leksowski, Ł., & Leksowski, K. (2016). Chronic stress and suicidal thinking among medical students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 13(2). https://doi.org/10.3390/ijerph13020212
Varcarolis, E. M. (2009). Essential of Psychiatric Mental Health Nursing second edition. Elsevier
Wiramihardja, S. A. (2007). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: PT. Refika Aditama
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIKK (e-ISSN: 2598-9855; p-ISSN: 1858-0696) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.
Phone: (0287) 472433 | Email: jikk@unimugo.ac.id