EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LIVE STREAMING "MINI LABORATORIUM" TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MATA KULIAH KEPERAWATAN DASAR

Rudy Alfiyansah, Asep Nidzar Faijurahman, Hasbi Taobah Ramdani

= https://doi.org/10.26753/jikk.v18i1.612
Abstract views = 556 times | views = 109 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendemi Covid 19 yang membuat perubahan besar dalam berbagai hal salah satunya pada aspek pendidikan mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi termasuk pembelajaran baik di kelas maupaun praktikum di laboratorium, salah satunya pada mata kuliah Keperawatan Dasar di STIKes Karsa Husada Garut yang mengalami pergesaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring untuk mencapai kompetensi mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar pengetahuan keterampilan mahasiswa untuk mencapai kompetensi pada mata kuliah keperawatan Dasar dan apakah live streaming “mini laboratorium” efektif dalam meningkatkan pengetahuan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di STIKes Karsa Husada Garut pada semester genap dengan populasi mahasiswa D3 Keperawatan yang sedang mengampu mata kuliah Keperawatan Dasar sebanyak 132 mahasiswa dengan teknik total sampling, sedangkan yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 102 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif untuk bisa mengungkapkan seberapa besar efektivitas live streaming “mini laboratorium” terhadap pencapain kompetensi mahasiswa, dan instrument yang akan diberikan di dalam penelitian ini berupa SOP tindakan keperawatan serta media streaming. Hasil penelitian menunjukan belajar pembelajaran dengan cara live streaming di laboratorium efektif meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam mencapai target kompetensi mata kuliah keperawatan dasar


Full Text:

PDF

References


Santosa, F. H., Negara, H. R. P. and Samsul Bahri (2020) “Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa”, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), pp. 62-70. doi:10.36765/jp3m.v3i1.254.

Purba, R., Siregar, A., Siahaan, R., Jayanti S., S. E. and Rusmewahni (2020) “PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM, GEOOGLE MEET DAN ZOOM GURU SMP NEGERI 2 BATUBARA”, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), pp. 410-416. doi: 10.31949/jb.v1i4.464

Suwaryo, PAW., & Kristianto, H. (2015). Video Media Pembelajaran Perawatan Luka Ulkus Diabetes Melitus. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Vol 11 No 1

Sundayana, I. M. (2020) “Efektivitas Pembelajaran Online Pada Pendidikan Tinggi Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 ”, Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), pp. 433-440. Available at: http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/535 (Accessed:20 October 2020).

Darilaut.id, (2020) “kilas Balik Pandemi Covid-19, 31 Desember 2019 – 31 Maret 2020” Available at: https://darilaut.id/berita/kilas-balik-pandemi-covid-19-31-desember- 2019-31- maret-2020 (Accessed: 20 October 2020).

Marpaung, Indra Yasinta O dan Siagian, Sahat. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V SD Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan (online), volume 3(1): 30-31. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/5003. Diakses 20 Oktober 2020.

Suryadi, Andri. 2015. Membuat Media Pembelajaran Untuk Pemula. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera

Sartika, Yopi. 2015. Ragam Media Pembelajaran Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group

Zaki Yuddin, Rahmat Musfikar (2020) “Analisis Efektifitas Video Live Streaming Sebagai Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada SMK Negeri 2 Lhokseumawe” Journal of Informatics and Computer Science Vol. 6 No. 1 April 2020 http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics/article/view/802. Diakses 20 Oktober 2020

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan

R & D. Bandung : Alfabeta

Aryanty, N., Puspasari, A., & Purwakanthi, A. (2014). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Clinical Skill Lab (CSL) dengan Menggunakan Video Ajar Keterampilan Klinik Neurologi terhadap Demonstrasi oleh Instruktur. JAMBI MEDICAL JOURNAL "Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan", 2(2). https://doi.org/10.22437/jmj.v2i2.2712

PURNANI, Weni Tri; QONI'AH, Binti. EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP EDUCATION DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN SADARI. Journal of Public Health Research and Community Health Development, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 69-75, nov. 2019. ISSN 2597-7571. Available at: . Date accessed: 22 sep. 2021. doi:http://dx.doi.org/10.20473/jphrecode.v2i1.16254.

Maharani, W., Retnaningtyas, E., & Wardani, L. (2020). Analisa Pemahaman Metode Demonstrasi Terhadap Implementasi Skills Lab Pemeriksaan Kehamilan (ANC) Mahasiswi D III Kebidanan. Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), 37-43. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.47

Syarifah, N. Y. (2016). The Comparison of Demonstrative Learning Method and Computer Assisted Learning on Blood Pressure Measurement at STIKes Guna Bangsa Yogyakarta. Journal of Health (JoH), 3(2), 103-110. https://doi.org/10.30590/vol3-no2-p103-110


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Creative Commons License

JIKK (e-ISSN: 2598-9855; p-ISSN: 1858-0696) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.
Phone: (0287) 472433 | Email: jikk@unimugo.ac.id