HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
= https://doi.org/10.26753/jikk.v18i1.708
Abstract views = 615 times | views = 145 times
Abstract
Sesuai SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 membuat institusi pendidikan melakukan sistim pembelajaran jarak jauh secara total. Proses pembelajaran secara daring memberikan tantangan untuk mahasiswa dan Dosen dalam beradaptasi. Pembelajaran secara daring membawa banyak perubahan dan konsekuensi. Mahasiswa rentan mengalami ketegangan (stress) untuk dapat bertahan dengan kehidupan kampus secara daring. Sebagian mahasiswa mengalami tekanan psikologis karena perubahan drastis yang dialami. Tekanan psikologis tersebut dapat berakibat negatif pada kesehatan mahasiswa maupun prestasi belajarnya. Penelitian ini bermaksud untuk mencari hubungan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa dengan prestasi belajarnya di STIKes Panti Waluya Malang. Desain yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode studi deksriptif korelatif. Berdasarkan waktu penelitian, menggunakan cross sectional study untuk mengetahui hubungan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa dengan prestasi belajarnya. Teknik pengambilan data dilakukan dengan melakukan pengisian kuisioner penyesuaian diri melalui link google form sedangkan untuk prestasi belajar dilihat dari IP semester genap yang diperoleh dari BAAK. Data penelitian diolah menggunakan software SPSS 21 for Windows menggunakan uji Kendall’s tau. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara kemampuan penyesuaian diri mahasiswa dengan prestasi belajar dengan p=0.05. Mengacu pada ketiga interpretasi dalam uji korelasi Kendall’s Tau_b, dimana p=0.05 maka dapat disimpulkan bahwa “hubungan antara kemampuan penyesuaian diri mahasiswa di masa pandemi dengan IP yang diperoleh di semester ganjil tahun akademik 2020/2021 adalah tidak signifikan, sangat lemah, dan searah.”
Kata kunci: pembelajaran jarak jauh/daring, penyesuaian diri, mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Grubic, N., Badovinac, S., & Johri, A. M. (2020). Student mental health in the midst of the COVID-19 pandemic: A call for further research and immediate solutions. International Journal of Social Psychiatry. https://doi.org/10.1177/0020764020925108
Huang, Y., & Zhao, N. (2020). Chinese mental health burden during the COVID-19 pandemic. Asian Journal of Psychiatry. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102052
Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal). https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389
kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Nangkut, Y. R. S. (2017). TINGKAT PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma yang Berasal dari Nusa Tenggara Timur). Journal of Chemical Information and Modeling.
Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2020). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19: Peran neurotisisme, kelebihan informasi, invasion of life, kecemasan, dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Sosial. https://doi.org/10.7454/jps.2021.16
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sankhi, S., & Nirmal Raj Marasine. (2020). Impact of COVID-19 Pandemic on Mental Health of the General Population, Students, and Health Care Workers. Europasian Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.46405/ejms.v2i2.131
Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis Stres dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa. Cognicia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIKK (e-ISSN: 2598-9855; p-ISSN: 1858-0696) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.
Phone: (0287) 472433 | Email: jikk@unimugo.ac.id