PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN ROTI MANIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MARKETING MIX (STUDI KASUS DI PUTRA KEMBAR BAKERY)
= https://doi.org/10.26753/jitin.v1i2.990
Abstract views = 821 times | views = 136 times
Abstract
Putra Kembar Bakery merupakan industri rumah tangga yang memproduksi roti di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Produk yang dihasilkan berupa roti manis, bolu gulung dan brownies. Perusahaan mengalami permasalahan berupa turunnya omset yang cukup drastis pada produk roti manis. Untuk memperbaikai kondisi tersebut, pada penelitian ini dilakukan perancangan strategi pemasaran roti manis menggunakan metode Marketing Mix 7P (prize, product, promotion, process, people, place, physical evidence). Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi hal-hal yang mempengaruhi menurunnya penjualan. Penelitian diawali dengan identifikasi roti kompetitor dan kualitas roti Putra Kembar Bakery. Analisis SWOT menunjukkan perusahaan berada pada kuadran satu dengan nilai bobot IFAS 2,03 serta nilai bobot EFAS 0,96. Berdasarkan hasil tersebut maka perusahaan perlu menerapkan strategi agresif. Strategi pemasaran yang dirancang berupa perbaikan rasa, penambahan varian rasa dan harga, penambahan reseller pada toko yang ramai pembeli, memperbaiki tampilan roti agar lebih menarik dan menampilkan ciri khas, menambahkan media pelayanan, dan membuat iklan produk Putra Kembar Bakery.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. W. M. Jesika Olifia and I. I. D. R. Mahaputra, Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Menarik Minat Pelanggan Umah Hoshi Villa di Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, vol. 03, Denpasar: JIMB, 2018, pp. 25-34.
R. Ngindia, P. Vitasari and K. , Analisis Strategi Penjualan Kopi Roast Bean Menggunakan Metode Marketing Mix 7P (Studi Kasus UKM Kopitalizm), vol. 04, Malang: Valtech, 2121, pp. 42-48.
M. D. Anggraini, A. Muhtarom and N. Safaatillah, Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan pada UD.Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamongan, vol. 04, Lamongan: JPIM, 2019, pp. 963-974.
W. Maulana and A. Jamali, Metode Marketing Mix dan Analisis SWOT dalam Penyusunan Strategi Bersaing pada IKM Keripik Tempe Ayudy, vol. 08, Madura: JPSB, 2020, pp. 141-151.
L. Peningkatana Produktivitas Pemasaran UMKM Kopi Mentari dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Marketing Mix, vol. 03, Palembang: Saintek, 2019, pp. 8-15.
C. L. Aisyah and L. Nirawati, Strategi Bauran Pemasaran (Mix Marketing) dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Industri Kerupuk UD.Adam Jaya, vol. 01, JRI, 2021, pp. 472-481.
S. D. Rrahayu, D. R. L and S. , Penentuan Strategi Bersaing Berdasarkan Simulasi Sistem Dinamis (Studi Kasus di Industri Kecil Intan Rahmadhani Yogyakarta), vol. 11, Yogyakarta: OPSI, 2018.
K. Khotimah and M. Jalari, Menguji Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo, vol. 07, Maker, 2021, pp. 81-94.
G. Dwinanda and Y. Nur, Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar, vol. 06, Mirai Management, 2020, p. 120136.
M. S. Akbar, M. Kholil and R. A, Analisia Strategi Pemasaran Terhadap Performance Kerja dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT, vol. 01, RATIH, 2015, pp. 1-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Irsyad Baidlowi Usman, Widy astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under
a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412
email: jitin@unimugo.ac.id