Gambaran Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Konsumen Apotek Puri Medika di Kecamatan Buayan Kota Kebumen

Lisa Felia, Chondrosuro Miyarso, Rafila Intiyani

= https://doi.org/10.26753/jfks.v1i1.662
Abstract views = 648 times | views = 78 times

Abstract


Standar pelayanan kefarmasian merupakan tolak ukur yang digunakan sebagai acuan bagi para tenaga kefarmasian dalam penyelenggarakan  berbagai pelayanan kefarmasian. Dalam pelayanan kefarmasian kepuasan menjadi bagian yang sangat penting karena kepuasan  pasien  tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelayanan dan kepuasaan konsumen dalam menerima pelayanan obat yang diberikan oleh petugas Apotek Puri Medika. Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, jumlah responden 78 orang dengan purposive sampling Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan uraian nilai TCR (Tingkat Capaian Responden) tertinggi yaitu dimensi bukti langsung yaitu 83% (sangat puas), dimensi kehandalan 79,4% (puas), dimensi empati 78,2 (puas), dimensi jaminan 77% (puas, dan dimensi ketanggapan 75% (puas). Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran pelayanan kefarmasian di Apotek Puri Medika mendapatkan kepuasan konsumen di Apotek Puri Medika menurut lima dimensi mendapatkan kategori puas dengan skor nilai 78,6%.


Keywords


Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Konsumen, Apotek

Full Text:

PDF

References


Akhmad, A. D., & Adliani, N. (2019). Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati, 2(1), 86–98.

Chusna, N., Fetriana, T., & Adawiyah, R. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya. Borneo Journal of Pharmacy, 1(2), 89–92.

Depkes, R. (2014). Peraturan Mntri Kesehatan Republik Indonesia No.35 Tahun 2014 Tentang Standar pelayanan Kefarmasian di Apotek (Vol. 2008, pp. 1–22).

Dominica, D. dkk. (2016). Pengaruh Kehadiran Apoteker Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek di Kota Padang. Jurnal Sains Farmasi Dan Klinis, 3(1), 99–107.

Fatonah, S., & Awatara, I. G. P. D. (2019). Strategi Meningkatkan Loyalitas Dengan Memperhatikan Kepuasan Konsumen Obat Melalui Coorprorate Image Pada Apotek Di Surakarta. JTBI :Jurnal Bisnis, Teori Dan Implementasi, 10(1), 99–107.

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepusan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. PROFESI, 14(1), 42–48.

Helni. (2015). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek di Kota Medan. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17(51), 01–16.

Hutabarat, L. T. dkk. (2016). Pengembangan Alat Ukur Kepuasan Terhadap Kualitas Layanan Jasa ATKP

Kemenkes, R. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan RI No.73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. In Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.73 Tahun 2016 (pp. 1–29).

Narendra, M. P. dkk. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Kimia Farma Gatot Subroto Bandung. Kartika-Jurnal Ilmiah Farmasi, 5(1), 31–37.

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Krfarmasian Di RSUD Dr. MURJANI SAMPIT. 1(1), 22–26.

Sleman Yogyakarta. Majalah Farmaseutik, 12(2), 412–430.

Wibowo, T. A. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Ary Farma Karanganyar Tahun 2017. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 1–16.

Yulia, P. R., Baga, L. M., & Djohar, S. (2016). Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Apotek Dan Tingkat Pengetahuan Konsumen Mengenai Standar Pelayanan Kefarmasian Yang Berlaku ( Studi Kasus Di Kota Depok ). Jurnal.Ipb.Ac.Id, 2(3), 312–322. https://doi.org/10.17358/JABM.2.3.312

Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1), 39–48.

Zulfi, L. E. N. dkk. (2018). GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI BORNEO BANJARMASIN. AKFAR ISFI Banjarmasin, 1(1), 1–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lisa Felia, Chondrosuro Miyarso, Rafila Intiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics View JFKS Stats

Creative Commons License

JFKS (e-ISSN: 2809-2899; p-ISSN: 2809-3828) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.
Phone: (0287) 472433 | Email: jfks@unimugo.ac.id