EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GOMBONG I MENGGUNAKAN KUESIONER PERMENKES NO. 74 TAHUN 2016

Syaufiq Naufal Septiansyah Putra, Eka Wuri Handayani, Endang Yuniarti

= https://doi.org/10.26753/jfks.v3i1.921
Abstract views = 502 times | views = 1 times

Abstract


Kepuasan pasien dijadikan tolak ukur bagi setiap pelayanan kesehatan serta selalu berkaitan dengan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang dapat diukur mutu pelayanannya adalah pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas gombong I. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang berarti menggambarkan kasus dalam studi penelitian berdasarkan melihat secara fakta dan sistematik tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Puskesmas Gombong I Kabupaten Kebumen menggunakan kuesioner  dengan teknik sampel Simple random sampling dengan jumlah responden 100 orang, yaitu pengambilan sampel secara random dan berdasarkan kriteria inklusi maupun ekslusi. Secara keseluruhan gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gombong I hasilnya “Sangat Puas” dengan persentase 85 %. Berdasarkan poin poin yang ada di Permenkes no.74 tahun 2016 hasilnya sangat puas pada poin kecepatan pelayanan obat sebesar 83 %, kejelasan apoteker dalam memberikan informasi obat, dan keramahan apoteker sebesar 81 %, poin kelengkapan obat dan alat kesehatan dan kenyamanan ruang tunggu hasilnya puas sebesar 75 %, untuk poin selanjutnya ketanggapan apoteker dan kebersihan ruang tunggu hasilnya puas sebesar 71 % dan 69 %, dan poin ketersedian brosur, leaflet, poster sebagai informasi obat hasilnya tidak puas sebesar 53 %. Secara keseluruhan gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gombong I hasilnya “Sangat Puas” dengan persentase 85 %.  Bagi pihak puskesmas disarankan perlu adanya perbaikan dalam ketersediaan brosur, leaflet atau poster sebagai informasi obat/kesehatan.

Keywords


Kepuasan Pasien, Puskesmas, Permenkes No.74 Tahun 2016

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. M. & Parvez, N. (2014). Impact of Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences; 8; 331–354

Kuntoro, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jkesvo (Jurnal Kesehatan Vokasional; 2; 140–147

Handayani, S. (2016). The Level of Patient Satisfaction with Health Services in Baturetno Health Centers. Profesi (Profesional Islam) Media Publikasi Penelitian; 14; 42.

Gustiarini. (2016). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Bandung Setelah Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional. SCIENTICA; 3; 46–68

Amalia Devina, et al. (2018). Hubungan Indeks Kepuasan Pasien tentang Mutu Pelayanan Dimensi Kehandalan dengan Minat Berobat Kembali di RSD Kalisat Kabupaten Jember ( Correlation between Patient Satisfaction Index in Reliability of Service Quality and Utility at RSD Kalisat Jember ). Correlation between Patient Satisfaction Index in Reliability of Service Quality and Utility at RSD Kalisat Jember correlation between Patient Satisfaction Index in Reliability of Service Quality and Utility at RSD Kalisat Jember, 6(2), 278–284.

Andi, P., & Nurpati. (2020). Studi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Minasatene Kabupaten Pangkep. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, 5(1), 1–6.

Anggraeni, R. (2018). Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v4i1.283

Asriani, Ira Widyasari, N. (2019). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Bontonompo 1 Kabupaten Gowa. Αγα, 8(5), 55.

Biyanda Eni nur khayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Bupu, M. S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Chusna, N., Fetriana, T., Adawiyah, R., Palangkaraya, U. M., Raya, P., Kefarmasian, P., & Pahandut, P. (2018).

Pskesmas Pahandut Kota Palangkayara Level of Patient Satisfaction on Pharmaceutical Services in Community Health Centers of Pahandut Palangka Raya. 2016–2019.

Dewi, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas PAsien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 146. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Effendy, N. (1998). Dasar - dasar keperawatan kesehatan masyarakat Edisi 2 (pp. 161–162). EGC.

Fajar, D. R., Sari, I. W., & Syam, A. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Tarowang Kabupaten Jeneponto. 151(2), 10–17.

Herman, S. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala, 22–35.

Lestari, E. D., & Sulandjari, W. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Polowijen Kota Malang. Akademi Farmasi Putra Indonesia, 1–10. http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/412/1/ARTIKEL.pdf

Masturoh Imas, Nauri Anggita T. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nastity, G. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Pasien. Media Nusa Creative.

Nurhayati, E., Argadiredja, D. S., & Respati, T. (2019). Buku ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat. In STIFA Pelita Mas Press.

Pamungkas, A. P. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Puskesmas Kebumen III Kabupaten Kebumen. Indonesian Journal of Health, 31–39. https://doi.org/10.33368/inajoh.v2i1.36

Permenkes. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. May, 31–48.

Prihandiwati, E., Muhajir, M., Alfian, R., & Feriyani, R. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Pekauman Banjarmasin Terhadap Pelayanan Kefarmasian. Journal Current Pharmaceutical Sciences, 1(2), 63–68.

Putri, W. C. W. S., Yuliyatni, P. C. D., Aryani, P., Sari, K. A. K., & Sawitri, A. A. S. (2018). Dasar-dasar Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ). Modul Pembekalan Manajemen dan Program Puskesmas, 14. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/98c985665344f25743d1aff400d7a350.pdf

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.

Rosita. (2018). Studi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Poli Puskesmas Mulyorejo Surabaya, 1–5. 1–5. S., P. I. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC.

Sari Prabandari 1, A. P. (2019). Analisis Kepuasan Pelayanan berdasarkan Lamanya Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Puskesmas Wilayah Kota Tegal (Berdasarkan Permenkes No. 74 Tahun 2016). 41(5).

Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas Pasien (pp. 56–58). PT. Nasya Expanding Management.

Sitompul, J. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center di Rs . Depati Hamzah Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pelayanan Askes Center di Rs . Depati Hamzah Pangkalpinang Tahun 2012. Masyarakat, Fakultas Kesehatan Studi, Program Kesehatan, Sarjana Manajemen, Peminatan Kesehatan, Asuransi Indonesia, Universitas.

Stevani, H., Putri, A. N., & Side, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Media Farmasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.32382/mf.v14i1.70

Yuliani, N. N., Rae, A., Hilaria, M., & Takubessi, M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Oebobo Kota Kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.37182/jik.v5i1.49


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syaufiq Naufal Septiansyah Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics View JFKS Stats

Creative Commons License

JFKS (e-ISSN: 2809-2899; p-ISSN: 2809-3828) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.
Phone: (0287) 472433 | Email: jfks@unimugo.ac.id