PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI GIZI ISI PIRINGKU PADA ANAK KELAS 2 SD NEGERI 1 BANDONGAN KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG

Evy Tri Susanti, Rusminah Rusminah, Agus Setiyawan, Arizka Khoirina Ergi Fitri, Arini Dina Azizi, Muhamad David Riyadhi

= https://doi.org/10.26753/empati.v5i2.1373
Abstract views = 12 times | views = 0 times

Abstract


Strategi penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat salah satunya yaitu dengan mengenai pengetahuan gizi. Berbagai masalah gizi dan masalah kesehatan dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Pengenalan informasi gizi di sekolah merupakan pemberian informasi gizi dengan tujuan perubahan sikap dan mampu merubah praktek dan berdampak pada perilaku. Dengan adanya penyuluhan gizi dapat mengarah pada perubahan sikap dan praktek yang benar pada anak sekolah. Penyuluhan gizi merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang diberikan dan dapat diterima serta dipahami dengan baik oleh audien dan diharapkan bisa memperoleh pengetahuan tentang gizi yang lebih baik. Kementerian Kesehatan mulai memperkenalkan slogan “Isi Piringku” untuk pedoman makan sehari-hari guna memenuhi gizi seimbang, satu piring makan yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Sasaran pengabdian kepada masyarakat ini adalah seluruh siswa-siswi kelas 2 yang berjumlah 47 siswa. Kegiatan pengabdian dilakukan setiap bulan selama 4 bulan yaitu Oktober 2023-Januari 2024 di SD N I Bandongan, dimulai dari perijinan, studi pendahuluan, sosialisasi, pendampingan dan terakhir evaluasi. Alat yang dibutuhkan yaitu alat sosialisasi, LCD, PPT, video, piring, contoh makanan sesuai gizi isi piringku, meja, alat pengukur TB, BB, LILA, ATK dan formulir. Hasil kegiatan tingkat pengetahuan sebelum dilakukan pendidikan kesehatan 79% kurang, setelah diberikan penddiikan kesehatan 91% baik, demontrasi gizi isi piringku 74% sesuai ketentuan. Simpulannya pendidikan kesehatan dan demonstrasi dapat meningkatkan pengetahuan dan tindakan dalam menyediakan gizi isi piringku pada siswa kelas 2 di SD N 1 Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.


Full Text:

PDF

References


Februhartanty, J., Ermayani, E., Rachman, P. H., Dianawati, H., & Harsian, H. (2019). Gizi dan kesehatan remaja.

Candrawati, R. D., Wiguna, P. K., Malik, M. F., Nurdiana, A., Salbiah, S., Runggandini, S. A., ... & Salman, S. (2023). Promosi dan Perilaku Kesehatan.

Laenggeng, A. H., & Lumalang, Y. (2015). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Sikap Memilih Makanan Jajanan dengan Status Gizi Siswa SMP Negeri 1 Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 1(1), 49-57.

Mardalena, I. (2021). Konsep dan Penerapan pada Asuhan Keperawatan.

Mohamad, S. N., Akolo, I. R., Napu, D. D., & Sarif, S. (2024). Edukasi dan Sosialisasi Isi Piringku pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 114-121.

Nurlaila, N., Astuti, D. P., Ernawati, E., Herniyatun, H., Rahmawati, R., & Puspitasari, R. (2024). Peningkatan Penegtahuan Gizi Remaja Melalui Diskusi Kelompok Sebaya di MIBS Kebumen. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 5(1), 15-24.

Notoatmodjo, S. (2014). IPKJRC (2015). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Biomass Chem Eng, 49(23-6).

Purba, D. H., Kushargina, R., Ningsih, W. I. F., Lusiana, S. A., Lazuana, T., Rasmaniar, R., ... & Utami, N. (2021). Kesehatan dan Gizi untuk Anak. Yayasan Kita Menulis.

Rahmanindar, N., & Harnawati, R. A. (2020). Pengaruh Penyuluhan Program Isi Piringku Terhadap Peningkatan Sikap Dan Perilaku Ibu Dalam Manangani Balita Gizi Buruk. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 259-270.

Supariasa, I. D. N. (2016). Penilaian Status Gizi Secara Antropometri'. Hardinsyah and Supariasa, IDN (eds) Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta, Indonesia: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Suwandewi, A., Hiryadi, H., & Rahayu, M. (2021). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehata Program Isi Piringku terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil. Journal of Nursing Invention, 2(2), 72-79.

Yurni, A. F., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan praktik membawa bekal menu seimbang anak sekolah dasar. Media gizi indonesia, 11(2), 183-190.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: empati@unimugo.ac.id