GAMBARAN PEMAKAIAN DAN KEPATUHAN JADWAL PENYUNTIKAN ULANG KONTRASEPSI SUNTIK

Eka Riyanti, N Nurlaila, Tri Ratna Ningsih

= https://doi.org/10.26753/jikk.v11i1.102
Abstract views = 962 times | views = 212 times

Abstract


Banyak wanita diharuskan menentukan pilihan kontrasepsi karena kesulitan, tidak hanya karena terbatasnya jumlah metode yang tersedia tetapi juga karena metode-metode tertentu mungkin tidak dapat diterima sehubungan dengan kebijakan nasional KB, kesehatan individual dan seksualitas wanita atau biaya untuk memperoleh kontrasepsi. Ada beberapa kemungkinan kurang berhasilnya program KB antaranya dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan ibu dan faktor pendukung lainnya. Untuk mempunyai sikap yang positif tentang KB diperlukan pengetahuan yang baik, demikian sebaliknya bila pengetahuan kontrasepsi suntik kurang maka kepatuhan menjalani program KB berkurang.

Mengetahui gambaran pemakaian dan kepatuhan jadwal penyuntikan ulang kontrasepsi suntik di Desa Jatiroto Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 akseptor kb suntik yang diambil menggunakan teknik total  sampling. Analisa data menggunakan analisa deskriptif.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwaMayoritas responden patuh dalam jadwal penyuntikan ulang kontrasepsi suntik (80%). Mayoritas responden merupakan pengguna KB Suntik 3 Bulanan (52.0%). Mayoritas responden menggunakan KB suntik dengan alasan alat kontasepsi efektif (72.0%). Mayoritas responden mengalami keluhan nyeri payudara ringan (23.0%). Mayoritas responden dengan lama penggunaan KB suntik selama 6 bulan (49.0%).

 

Kata Kunci :pemakaian, kepatuhan, jadwal penyuntikan ulang,  kontrasepsi suntik


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id