PENGETAHUAN TENTANG PENANGANAN KEGAWAT DARURATAN PADA SISWA ANGGOTA HIZBUL WATHAN DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG

Hendri Tamara Yuda, Putra Agina Widyaswara Suwaryo

= https://doi.org/10.26753/jikk.v11i3.113
Abstract views = 1451 times | views = 638 times

Abstract


Kejadian gawat darurat dapat diartikan sebagai keadaan dimana seseorang memerlukan pertolongan segera karena apabila tidak mendapat pertolongan dengan segera maka dapat mengancam jiwanya atau menimbulkan kecacatan permanen. Banyak kita temui siswa yang mengalami suatu kecelakaan baik itu berupa patah tulang, pingsan, terkilir, dan lain-lain diberikan perlakuan yang sama bahkan ada kesalahan dalam memberikan pertolongan. Kondisi ini tentu saja sangat membahayakan apabila berakibat memperparah keadaan penderita. Hal tersebut tentu saja tidak sesuai dengan prinsip penanganan kecelakaan.

Tujuan penelitian, Untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa anggota Hizbul Wathan SMA Muhammadiyah Gombong tentang penanganan kegawat daruratan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase, untuk menggambarkan kondisi variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Hizbul Wathan SMA Muhammadiyah Gombong sejumlah 33 siswa. Teknik sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu 33 siswa

Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan responden tentang penanganan kegawatdaruratan dengan kriteria baik 6,06 %, cukup 15,15 % dan kurang 78,79 %.

 

Kata kunci; pengetahuan, siswa, kegawatdaruratan

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id