HUBUNGAN ANTARA KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD CILACAP

Mesah Joko Purwanto, Handoyo -, Wuri Utami

Abstract


Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu pelayananyang diberikan suatu rumah sakit. Kepuasan pasien ditentukan oleh banyak faktor antara lain aspek kualitas perawatan yang diterima. Kualitas perawatan yang diterima oleh pasien termasukdidalamnya adalah kinerja perawat. Salah satu pelayanan keperawatan di RumahSakit yang memiliki kompleksitas masalah keperawatan yang tinggi adalah diInstalasi Gawat Darurat (IGD). Mengetahui hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien di IGDRSUD Cilacap Tahun 2012.       Jenis penelitiankuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan analitik. Populasi padapenelitian ini adalah seluruh pasien yang datang dan mendapat pelayanankeperawatan di IGD RSUD Cilacap. Teknik samplingyang digunakan adalah consecutivesampling, sejumlah 87orang. Uji analisis yang digunakan adalah analisis bivariat dengan uji korelasirank spearman pada tingkat kemaknaan95%.Sebagian besar perawat memiliki kinerja yang cukup baik dengan jumlah 65 orang  (74,7%) dan sebagian besar pasien menyatakan puas dengan jumlah 72 orang (82,8%). Secara statitik terdapat hubungan yang lemah antara kinerja perawat dengankepuasan pasien di IGD RSUD Cilacap Tahun 2012 (r = 0,285;  pv = 0,008 pada α = 0,05). Kata Kunci:  Kinerja, Perawat, Kepuasan, Pasien,IGD

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id