PENERAPAN TINDAKAN KEPERAWATAN GENERALIS TERHADAP KECEMASAN SISWA SMA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Ike Mardiyati Agustin, Miss Septiana, Arnika Dwi Asti

= https://doi.org/10.26753/jikk.v12i2.150
Abstract views = 844 times | views = 211 times

Abstract


Ujian nasional (UN) merupakan suatu tahapan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi siswa lulusan nasional pada jenjang satuan pendidikan tingkat SMA. Ujian nasional sering disebut sebagai salah satu sumber kecemasan siswa karena adanya perasaan tertekan, khawatir, dan takut akan kegagalan, yang banyak dirasakan siswa saat menghadapi UN. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan suatu bentuk upaya penanganan dan pencegahan untuk mengatasi kecemasan siswa SMA dalam menghadapi UN melalui tindakan keperawatan.

Tujuan penulisan ini adalah memberikan gambaran hasil penerapan tindakan keperawatan generalis terhadap tingkat kecemasan siswa SMA menghadapi ujian nasional. Metode yang digunakan adalah deskripif analitik, pada 64 orang siswa SMA. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kecemasan siswa SMA menghadapi ujian adalah sedang,  penerapan tindakan keperawatan generalis menunjukan penurunan tanda dan gejala kecemasan paling banyak pada aspek perilaku dengan peningkatan kemampuan tertinggi adalah kemampuan melakukan teknik 5 jari.

Tindakan keperawatan generalis ini direkomendasikan untuk mengatasi tingkat kecemasan sedang pada siswa yang mengahadapi ujian nasional.

 

Kata Kunci: Ujian Nasional, Kecemasan, Siswa SMA, Tindakan keperawatan generalis.

 


Full Text:

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id