HUBUNGAN LINGKAR LENGAN ATAS DENGAN KEJADIAN ANEMIA DALAM KEHAMILAN DI PUSKESMAS GOMBONG I

Eka Novyriana, Wulan Rahmadhani, Sofiyah Zuhroh

= https://doi.org/10.26753/jikk.v12i2.157
Abstract views = 2322 times | views = 751 times

Abstract


Lingkar Lengan Atas (LILA) merupakan salah satu indikator untuk memeriksa status gizi ibu hamil. Status gizi yang kurang dan perhatian yang kurang terhadap ibu hamil merupakan predisposisi anemia ibu hamil di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Hubungan Lingkar Lengan Atas Dengan Kejadian Anemia Dalam Kehamilan di Puskesmas Gombong

Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian non eksperimen dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang memeriksakan diri ke Puskesmas Gombong I pada periode bulan Agustus-Desember 2015 sejumlah 783. Sampel yang diambil sebanyak 79 responden. Prinsip yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu dengan cara memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji statistik chi square.

Penelitian ini menunjukkan jumlah ibu hamil dengan LILA dengan kriteria kurang dan mengalami anemia sebanyak 9 responden (11,3%), sedangkan responden dengan LILA dengan kriteria baik dan mengalami anemia sebanyak 5 responden (6,3%).Dari hasil output pengolahan dengan komputer diperoleh X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (8,380 > 3,84) dengan p=0,006 yang berarti ada hubungan antara Lingkar Lengan Atas dengan Kejadian Anemia Dalam Kehamilan di Puskesmas Gombong I.Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkar lengan atas dengan kejadian anemia dalam kehamilan di puskesmas Gombong I.

 

Kata kunci: Lingkar Lengan Atas, Kejadian Anemia, Puskesmas


Full Text:

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id