PERBEDAAN EFEK PENYULUHAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA CETAK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN TUBERKULOSIS

kumboyono -

Abstract


Pasien tuberkulosis cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu program promosi kesehatan dalam penanggulangan tuberkulosis adalah dengan penyuluhan kesehatan. Penggunaan media penyuluhan akan memperjelas informasi yang disampaikan sehingga bisa meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan prilaku penderita tuberkulosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efek penyuluhan kesehatan menggunakan media cetak dengan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan pasien tuberkulosis. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest design with comparison group. Sampel penelitian adalah pasien tuberkulosis di Puskesmas Kedungkandang Malang. Tehnik sampling menggunakan accidental sampling.

Sampel dibagi menjadi dua kelompok perlakuan yaitu kelompok penyuluhan kesehatan menggunakan media cetak dan kelompok penyuluhan kesehatan menggunakan media audio visual. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.009. Disimpulkan ada perbedaan efek penyuluhan kesehatan menggunakan media cetak dengan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan pasien tuberkulosis. Sehingga disarankan kepada petugas kesehatan untuk menggunakan media audio visual sebagai media penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan pasien tuberkulosis.

 

Kata kunci: tuberkulosis, pengetahuan, penyuluhan, media cetak, media audio visual


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id