HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN KINERJA PERAWAT DI RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

dadi santoso

Abstract


Keperawatan Indonesia saat  ini sedang mengalami suatu proses perubahan yang sangat mendasar karena adanya berbagai tekanan yang bersifat internal maupun eksternal. Kedua hal tersebut yang memacu terjadinya “Proses Profesionalisme Keperawatan” yang bertujuan untuk memwujudkan  keperawatan sebagi suatu profesi di Indonesia ( Mulyatno, 2000 ) . Menurut Widyanti (1996) mengatakan bahwa pada hakekatnya keperawatan sebagai profesi senatiasa mengabdi pada kepentingan kesehatan klien daripada kepentingan diri sendiri. Bentuk pelayanan yang diberikan harus bersifat humanistik, menggunakan pendekatan holistic, berdasarkan pada hubungan professional perawat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara motivasi perawat  ( X ) dengan kinerja perawat  ( Y ) di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Angket digunakan untuk memgumpulkan data motivasi perawat. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif dan analisa product moment yang diperoleh rxy = 0,687 > r tabel dengan taraf signifikansi 5 %.

`Hasil penelitian ini adalah : 1. Tingkat motivasi kerja perawat dalam kategori sedang, 2. Tingkat kinerja perawat perawat dlam kategori sedang, 3. Ada hubungan yang positif antara motivasi perawat dengan kinerja perawat di RS PKU Muhammadiyah Gombong

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id