PENGARUH LATIHAN ROM AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MOBILISASI PADA LANSIA DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI MULIA 03 CIRACAS JAKARTA TIMUR

wuri utami

Abstract


Rom aktif merupakan salah satu latihan / aktifitas fisik yang dilakukan oleh individu itu sendiri sesuai dengan kemampuan untuk menggerakkan sendinya. Dengan latihan rutin paling sedikitnya 2-3 kali setiap minggunya dalam waktu 20-30 menit mampu memberikan manfaat yang berarti diantaranya dapat meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan keletihan, dalam hal ini dikhususkan pada lansia yang mengalami penurunan massa otot  serta kekuatannya untuk melakukan mobilisasinya. Namun sejauh mana pengaruh latihan Rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia tersebut masih belum bisa dibuktikan. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti “Apakah ada pengaruh latihan Rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia dengan gangguan muskuloskeletal di PSTW Budi Mulia 03 Ciracas Jakarta Timur”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan Rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia dengan gangguan muskuloskeletal yang tinggal di PSTW 03 Ciracas Jakarta Timur. Responden yang diambil sebanyak 10 orang lansia.   Analisa data dilakuakan secara bertahap yaitu analisa univariat untuk mengetahui karakteristik responden dan analisa bivariat untuk melihat hubungan antara variabel dependen dan independen dengan menggunakan uji T test Dependen.

Kemudian didapatkan hasil nilai p= 0,002(<ɑ) sehingga dapat disimpulkan  adanya pengaruh latihan Rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia dengan gangguan muskuloskeletal. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan mobilisasi pada lansia setelah dilakukan latihan Rom aktif lebih baik dari sebelum dilakukan latihan Rom aktif.                  Saran bagi praktisi keperawatan, hendaknya senantiasa memotivasi para lansia untuk mau melakukan latihan/ aktifitas fisik seperti Rom aktif serta memberikan pengetahuan tentang manfaat dan efeknya.

Kata kunci : Latihan Rom aktif, mobilisasi pada lansia

 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id