HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRESS SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Mohammad Irwansyah, Sri Astutik Andayani, Husnul Khotimah

= https://doi.org/10.26753/jikk.v17i2.474
Abstract views = 1048 times | views = 254 times

Abstract


Stres dapat dialami oleh siapa saja dan berdampak negatif jika terakumulasi dalam kehidupan seseorang tanpa solusi yang tepat. Stres sering terjadi pada santri dengan adanya kegiatan yang sangat padat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan mekanisme koping dengan tingkat stres santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cros-Secsional. Populasi pada penelitian ini adalah semua santri di Wilayah Sunan Muria (L) Pondok Pesantren Nurul Jadid dengan total responden 80 santri. Tekhnik sampel yang digunakan yaitu Total Sampling dengan uji Chi Square. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik Chi Square menunjukkan nilai signifikan dukungan sosial dengan tingkat stres ρ value 0,018<0,05. sedangkan nilai signifikan mekanisme koping dengan tingkat stres ρ value 0,021<0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan mekanisme koping dengan tingkat stres santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin mengurang tingat stress yang dialami santri dan semakin rendah dukungan sosial maka semakin meningkat tingkat stress yang dialami santri. Artinya semakin santri menggunakan mekanisme koping adaptif untuk mengatasi stressnya maka semakin berkurang tingkat stressnya yang dalaminya dan apabila santri menggunakan koping maladaptif untuk mengatasi stressnya maka semaking meningkat tingkat stress yang dialaminya.

Full Text:

PDF

References


A. Linda Yani, A. Retnowuni. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif pada Remaja yang Tinggal di Pesantren.

Y. Astuti. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Strategi Coping Berfokus Masalah Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta.

S. Millasari, S. Jannah. (2019). Hubungan Antara Sistem Pembelajaran Dengan Tingkat Stress dan Adaptasi pada Siswa Pesantren Aceh Besar.

I. Hanifah. (2019). Dukungan Sosial Dengan Coping Stress Pada Siswa SMP.

Y. Livia Fitriani, Zulia Putri Perdana. (2020). Hubungan Tingkat Stress Remaja dengan Kemampuan Beradaptasi di Pondok Pesanten Kota Tangerang.

Riskesdas. (2018). Kementrian Kesehatan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

Sarwono. (2011). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prairohardjo.

Kuntjoro. (2012). Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Sosial Pada Lansia. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Muhammadiyah.

Lazarus, Richard S & Susan Folkman. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York. Springer Publishing Company.

Selye, H. (1907). Stress in Health and Disease. America: Butterworth.

Sarafino, E & Smith, T. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interaction. United State Of Amerika: John Wlley & Sons.

Syahria, N. J., & Rohmatun. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Penyintas Banjir Rob Tambak Lorok Proyeksi, Vol. 13 (1), 1-12.

Kaakinen, J., Coehlo, D., Steele, R., & Robinson, M. (2015). Family health care nursing: Theory, practice, and research (5th ed). USA: F.A. Davis Company.

Terry, D. J. (2012). Social Supports And Criminal Desistance Among Formerly Incarcerated Youth In The Transition To Adulthood (Order No. 3527490). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global. (1095380368). Retrieved from https://search.proquest.com/docview/109 5380368?accountid=17242.

Inge, H. P., & Hermian L. (2012). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Infromatif Terhadap Stress pada Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. Jurnal Ilmiah.

Mesarini, B. A., & Astuti, V. W. (2013). Stres Dan Mekanisme Koping Terhadap Gangguan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri, 6(1), 31–42.

Rasmun. (2009). Stres, Mekanisme Koping dan Adaptasi. Jakarta: CV Agung Seto.

Andria P., & Wida U. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas Vol. 3 No. 2.

Lazarus, Richard S & Susan Folkman. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York. Springer Publishing Company.

Ihdaniyati, A. I., & Arifah, S. (2005). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Pada Pasien Gagal Jantung Kongestif Di Rsu Pandan Arang Boyolali, 19–24.

Ayu, S., J. (2017). Hubungan Tingkat Stress Dengan Strategi Koping yang Digunakan pada Santri Remaja di Pondok Pesantren Nurul Alimah Kudus. Prosiding Hefa.

Akhmad, Y., F., P. (2019). Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Stress pada Warga Binaan Permasyarakatan Perempuan di Lembaga Pemasyarakatan. Juournal of Holistic Nursing and Health Science. Vol 2.

Rani, D., H., Asri, M., P., & Dita, F. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Tingkat Stress Orang Tua dengan Anak Penderita Autisme. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung Vol. 1 No.2.

Ima N., & Mulayyinah. (2019). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stress pada Pasien Kanker di Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur. JI-KES: Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 2 No. 2.

Grace, J., M., B H., R., K., & Rina, K. (2019). Hubungan Mekanisme Koping dengan Stress Kerja Perawat di RSU GMIM Bethesda Tomohon. e-journal Keperawatan (e-Kp) Vol. 7 No. 1.

Sunaryo. (2004). Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id