STUDI KUALITATIF IBU HAMIL TRIMESTER III YANG TIDAK MELAKUKAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN PERTAMA KALI PADA TRIMESTER I DI PUSKESMAS TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2008

Natiqotul F, fitriani singgih

Abstract


Ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan kehamilan pertama di trimester I akan kehilangan masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang dapat berlanjut sampai pada akhir kehamilan. Selain itu tidak dapat dilakukan usaha deteksi dini terhadap ibu hamil dan janin, sehingga pemeriksaan tersebut menjadi kurang efektif.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengetahuan, pengalaman dan dukungan keluarga pada ibu hamil trimester III yang tidak melakukan pemeriksaan kehamilan pertama kali pada trimester I di Desa Kebasen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Desain penelitian adalah studi kualitatif dengan populasi ibu hamil trimester III yang tidak melakukan pemeriksaan kehamilan pertama kali pada trimester I di Desa Kebasen Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Sampel yang digunakan 5 responden ibu hamil. Tehnik interview digunakan sebagai metode pengumpulan data dengan dibantu tape recorder untuk menyimpan data yang diperoleh. Validitas data yang dilakukan dengan triangulasi melalui perbandingan dari informasi responden. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2008 sampai Maret 2009 dari tahapan pendahuluan sampai penyusunan hasil penelitian.

Hasil penelitian bahwa pengetahuan responden tentang pemeriksaan kehamilan dilakukan apabila sudah terlambat menstruasi, tetapi ibu tidak melakukan pemeriksaan dengan segera. Responden sudah mempunyai pengalaman hamil, tetapi ibu tidak melakukan pemeriksaan karena tidak ada keluhan dan tidak tahu kalau dirinya hamil. Ibu hamil sudah cukup mendapat dukungan dari keluarga, walaupun suami bekerja tetapi masih sempat mengantarkan istrinya untuk periksa hamil.

Rekomendasi penelitian adalah diharapkan ibu hamil selalu aktif dalam meningkatkan pengetahuan,sikap dan perilaku pemeriksaan kehamilan. Sebagai bidan juga aktif dalam memberikan konseling tenang pentingnya pemeriksaan kehamilan dan peningkatan kualitas antenatal care. Masyarakat secara umum dan institusi terkait, diharapkan mengetahui tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan pada trimester I dan memberikan dukungan positif bagi ibu hamil.

 

Kata kunci: pemeriksaan kehamilan di trimester I, ibu hamil


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id