EFEKTIVITAS EDUKASI PEER GROUP TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETRAMPILAN DALAM PENCEGAHAN KANKER SERVIK DI KABUPATEN KEBUMEN

herniyatun -, Diah Astutiningrum, Nurlaila -

Abstract


Kelompok sebaya atau peer group yang ada dan berkembang di masyarakat sudah banyak terbentuk salah satunya adalah kelompok sebaya dalam wadah yasinan RT / pengajian mingguan RT. Salah satu penyebab kematian wanita tertinggi adalah kanker servik. Kelompok sebaya yasinan RT diharapkan dapat membantu wanita dalam melakukan pencegahan kanker servik. Tujuan penelitian untuk  mengetahui pengaruh edukasi kelompok sebaya atau peer group terhadap perubahan  perilaku dalam pencegahan kanker servik,  jenis penelitian eksperimen semu, desain non-equivalent pretest-postest with control group, dengan intervensi edukasi kelompok sebaya yasinan RT oleh kader yang sudah dilatih. Proses penelitian telah dilaksanakan pada bulan September – November 2008 di Kabupaten Kebumen dengan metode multistage random sampling, jumlah sampel 176 (88 responden kelompok perlakuan, dan 88 responden  kelompok kontrol). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata umur WUS 33.5 tahun dengan  pendidikan wanita  terbesar SD.

Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara usia dengan pengetahuan pencegahan kanker servik (p:0,658; α<0.05), Tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan pengetahuan pencegahan kanker servik (p:0,116;α<0.05), dan sikap pencegahan kanker servik (p:0,304;α<0.05). Ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai pengetahuan (p:0,000: α<0.05), sikap (p:0,024; α<0.05), ketrampilan (p:0,000;α<0.05), antara sebelum dan setelah pada kelompok perlakuan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa antara kelompok perlakuan dan kontrol ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai sikap (p:0,027: α<0.05), ketrampilan (p:0,000; α<0.05) tetapi tidak signifikan untuk meningkatkan  pengetahuan (p:0,150; α<0.05). Sikap dan ketrampilan pencegahan kanker servik tidak dipengaruhi oleh umur dan tingkat pendidikan tetapi dipengaruhi oleh intervensi edukasi peer group. Edukasi ini akan bisa merubah perilaku pencegahan kanker servik jika dilakukan oleh kader kesehatan yang terpilih, yang bisa menstransfer ilmu tentang pencegahan ini secara tuntas, sehingga tidak hanya sikap dan ketrampilan yang bisa berubah tetapi pengetahuan yang luas tentang kanker servik juga bisa dimiliki oleh semua anggota peer group yang ada di masyarakat Kebumen.

Kata kunci: Perilaku pencegahan, kanker servik, edukasi peer group

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id