EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) BERPENGARUH TERHADAP GANGGUAN MENSTRUASI PADA REMAJA DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
= https://doi.org/10.26753/jikk.v17i3.614
Abstract views = 655 times | views = 176 times
Abstract
Gangguan menstruasi pada remaja dapat berpengaruh pada produktivitas, kualitas hidup, gangguan emosional dan intoleransi aktivitas yang dapat menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Emotional Quotient (EQ) dengan gangguan menstruasi pada remaja di masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sampel 227 responden. Responden penelitian adalah mahasiswi yang berusia 17-19 tahun dan masih aktif kuliah di STIKes RS Husada Jakarta Pusat. Instrumen yang digunakan adalah data primer yang meliputi kuesioner demografi, kuesioner Emotional Intelligent Scale dan kuesioner gangguan menstruasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik bivariat menggunakan chi square dan uji statistik multivariat menggunakan regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Emotional Quotient (EQ) dengan gangguan menstruasi pada remaja di masa pembelajaran jarak jauh (p=0,000, OR 18, 95% CI 0.076-0.425). Peneliti merekomendasikan peran institusi pendidikan mengembangkan softskill pada remaja dengan mengolah kemampuan emosional positif untuk meningkatkan kecerdasan emosional agar terhindar dari gangguan menstruasi.
Kata kunci : remaja, Emotional Quotient (EQ), gangguan menstruasi, pembelajaran jarak jauh
Full Text:
PDFReferences
Cabral, J. F. (2019). Gambaran Gangguan Menstruasi Pada Mahasiswi Universitas Ngudi Waluyo Kabpuaten Semarang [Universitas Ngudi Waluyo]. http://repository2.unw.ac.id/17/1/ARTIKEL.pdf
Calero, A. D., Barreyro, J. P., & Injoque-Ricle, I. (2018). Emotional Intelligence and Self-Perception in Adolescents. Europe’s Journal of Psychology, 14(3), 632–643. https://doi.org/10.5964/ejop.v14i3.1506
Carmelia, T., Tiatri, S., & Wijaya, E. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Akademik Dengan Job Performance Pada Mahasiswa Aktif Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 184–197.
Checa, P., & Fernández-Berrocal, P. (2015). The Role of Intelligence Quotient and Emotional Intelligence in Cognitive Control Processes. Front. Psychol, 6(1853). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01853
Cholifah, N., Rismadanti, P., Himawan, R., & Sokhiyatun. (2020). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Program Studi S1 Keperawatan Tingkat 1 Di Universitas Muhammadiyah Kudus. Indonesia Jurnal Kebidanan, 4(2). https://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/ijb/article/view/1009/638
Darsitawati, I. G. A. P., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Diri Pada Perempuan Usia Pramenopause Di Denpasar Selatan. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 1–12. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1586152&val=4934
Derntl, B., Hack, R. L., & Habel, U. (2013). Association of menstrual cycle phase with the core components of empathy. Hormones and Behavior, 63(1). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3549494/?report=reader
Deviliawati, A. (2020). Hubungan Tingkat Stres Dengan Siklus Menstruasi. Jurnal Aisyiyah Medika, 5(2). https://doi.org/10.36729
Fadli, R. (2021). Gangguan Siklus Menstruasi pada Remaja, Apa Penyebabnya? Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/gangguan-siklus-menstruasi-pada-remaja-apa-penyebabnya
George, N., Shanbhag, D. N., & Goud, R. (2017). A study of emotional intelligence and perceived parenting styles among adolescents in a rural area in Karnataka. Journal of Family Medicine and Primary Care, 6(4). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5848411/#!po=4.54545
Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ (1st ed.). Bantam. https://www.amazon.com/Emotional-Intelligence-Matter-More-Than/dp/055338371X
Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosional. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hasnawati, Ulfah, E., & Anggraini, P. D. (2018). Subjective Wellbeing Mahasiswi Saat Mengalami Gangguan Menstruasi. Jurnal Psikologi Islam, 9(2). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view/858/681
Hoyer, J., Burmann, I., Kieseler, M.-L., Vollrath, F., Hellrung, L., Arelin, K., Roggenhofer, E., Villringer, A., & Sacher, J. (2013). Menstrual Cycle Phase Modulates Emotional Conflict Processing in Women with and without Premenstrual Syndrome (PMS) – A Pilot Study. PLOS ONE, 8(4). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3634788/pdf/pone.0059780.pdf
K., R. E., & Suiyarti, W. (2019). Pengaruh Menarche dan Lamanya Haid Terhadap Peningkatan Kejadian Dismenorea Primer.
Karout, N., Hawai, S. ., & Altuwaijri, S. (2015). Prevalence and pattern of menstrual disorders among Lebanese nursing students. East Mediterr Helath Journal, 18(4). https://doi.org/10.26719/2012.18.4.346
Khoerunisya, D. A. (2015). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Rasa Nyeri Haid (Dismenore) Pada Remaja [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/21911/1/1511411005-s.pdf
Kurnia, S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh bagi Orang Tua dan Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Badan Litbang Kesehatan. https://www.pusat2.litbang.kemkes.go.id/2021/01/30/dampak-pembelajaran-jarak-jauh-bagi-orang-tua-dan-anak/
Lusk, B. R., Carr, A. R., Ranson, V. A., & Felmingham, K. L. (2017). Women in the midluteal phase of the menstrual cycle have difficulty suppressing the processing of negative emotional stimuli: An event-related potential study. Cogn Affect Behav Neurosci, 17, 886–903. https://doi.org/10.3758/s13415-017-0520-1
Nugroho, T. T. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Tempo.Co. https://kolom.tempo.co/read/1342106/pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi/full&view=ok
Oktiani, V. (2020). 3 Dampak Pandemi Corona Bagi Siklus Menstruasi, Mana yang Kamu Alami? Lifestyle Wolipop. https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-5001823/3-dampak-pandemi-corona-bagi-siklus-menstruasi-mana-yang-kamu-alami
Rahadi, F. (2020). Tantangan Pendidikan Jarak Jauh di Masa Pandemi. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/qihv4l291/tantangan-pendidikan-jarak-jauhdi-masa-pandemi
Shita, N. K. D. S. S., & Purnawati, S. (2016). Prevalensi Gangguan Menstruasi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pada Siswi Peserta Ujian Nasional Di SMA Negeri 1 Melaya Kabupaten Jembrana. E-Jurnal Medika, 5(3). https://doi.org/2303-1395
Suhartati, S., & Indrawati, K. R. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Persepsi Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Ketika Masa Pramenstruasi Pada Perusahaan Garmen Di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 74–83.
Yamazaki, M., & Tamura, K. (2017). The menstrual cycle affects recognition of emotional expressions: an event-related potential study [version 1; peer review: 2 approved]. F1000 Research, 6(853). https://doi.org/10.12688/f1000research.11563.1
Yen, J.-Y., Wang, P.-W., Su, C.-H., Liu, T.-L., Long, C.-Y., & Ko, C.-H. (2018). Estrogen levels, emotion regulation, and emotional symptoms of women with premenstrual dysphoric disorder: The moderating effect of estrogen receptor 1α polymorphism. Progress in Neuro-Psychopharmacology and Biological Psychiatry, 82(2). https://doi.org/10.1016/j.pnpbp.2017.11.013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433
Email: jikk@unimugo.ac.id