Peran Orang Tua Dengan Hasil Belajar Di Rumah Pada Siswa SD N 2 Prigi Sigaluh Banjarnegara Dimasa Pandemi Covid-19.

Wuri Utami, Kusumastuti Kusumastuti, Maulani Rahayu

= https://doi.org/10.26753/jikk.v17i3.626
Abstract views = 128 times | views = 12 times

Abstract


Latar Belakang: Pandemi covid-19 melanda diseluruh penjuru dunia tak terkecuali Indonesia, angka covid-19 semakin hari semakin meningkat dengan begitu pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang aktivitas Belajar Dari Rumah (BDR). Untuk itu peran orang tua menjadi meningkat dimasa pandemi yaitu menjadi pendamping pendidikan akademik, sehingga perlu diketahui apakah terdapat hubungan antara peran orang tua dengan hasil belajar siswa selama kegiatan belajar dirumah berlangsung.

Tujuan: Mengetahui Hubungan Peran Orang Tua Dengan Hasil Belajar Di Rumah Pada Siswa SD N 2 Prigi Sigaluh Banjarnegara Dimasa Pandemi Covid-19.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi, dengan teknik pengambilan sampel total sampling pada siswa kelas 4, 5 dan 6 yang berjumlah 65 siswa SDN 2 Prigi. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuisioner peran orang tua dan lembar observasi nilai raport siswa.

Hasil penelitian: frekuensi peran orang tua paling banyak adalah aktif sebanyak 60 siswa (92,3%) dan untuk frekuensi hasil belajar yang paling banyak adalah baik sebanyak 44 siswa (67,7%). Hasil analisis chi square didapatkan nilai p value 0,046 yang berarti ada hubungan antara peran orang tua dengan hasil belajar siswa dimasa pandemic covid-19.

Kesimpulan: Adanya hubungan antara variabel peran orang tua dengan hasil belajar dirumah siswa SDN 2 Prigi Sigaluh Banjarnegara.

Rekomendasi: Peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode wawancara terkait masalah faktor-faktor eksternal lainya yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain adanya peran orang tua selama pembelajaran dari rumah dimasa pandemi covid-19.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id