HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KUALITAS TIDUR DAN FUNGSI KOGNITIF PADA KELOMPOK LANSIA DHARMA SENTANA, BATUBULAN

I Made Dhita Prianthara, I.A Pascha Paramurthi, I Putu Astrawan

= https://doi.org/10.26753/jikk.v17i2.628
Abstract views = 1377 times | views = 222 times

Abstract


Peningkatan jumlah populasi lansia menyebabkan semakin banyak masalah kesehatan yang akan dialami oleh lansia yang disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik seperti gangguan kualitas tidur dan penurunan fungsi kognitif. Seiring dengan pertambahan usia dan berkurangnya aktivitas fisik, semakin besar kemungkinan seseorang mengalami gangguan kualitas tidur dan penurunan fungsi kognitif. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan oleh lansia dapat mencegah terjadinya gangguan kualitas tidur dan mencegah penurunan fungsi kognitif. Semakin meningkat aktivitas fisik maka semakin meningkat kualitas tidur dan fungsi kognitif pada lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik terhadap kualitas tidur dan fungsi kognitif pada kelompok lansia Dharma Sentana, Batubulan. Penelitian ini adalah cross sectional study dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian dilakukan di kelompok lansia Dharma Sentana, Batubulan. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang lansia. Aktivitas fisik diukur dengan International Physical Activity Scale (IPAQ), kualitas tidur diukur dengan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan fungsi kognitif diukur dengan Mini-Mental State Examination (MMSE). Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan nilai p=0,007 yang artinya ada hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas tidur dan nilai p=0,000 yang artinya ada hubungan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara aktivitas fisik terhadap kualitas tidur dan fungsi kognitif pada kelompok lansia Dharma Sentana, Batubulan.

 

Kata kunci: Lansia, Aktivitas Fisik, Kualitas Tidur, Fungsi Kognitif

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Statistik Penduduk Lansia 2017. Jakarta: BPS.

Bouchard C, BIair S, & Haskell W. (2012). PhysicaI Activity and HeaIth 2nd Edition. United States: Human Kinetics.

Carvalho, A., Rea, I. M., Parimon, T. (2014). Physical activity and cognitive function in individuals over 60 years of age : a systematic review. Dove Press, 9, 661-682. doi: 10.2147/CIA.S55520.

CDC. (2018). Getting Enough Sleep. The American Academy of Sleep Medicine and the Sleep Research Society. Centers for Disease Control and Prevention.

Chairina, A.N & Merijanti, L.T. (2020). Hubungan antara Aktivitas Fisik dengan Fungsi Kognitif pada Lansia. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, Vol. 3 No. 1

Chennaoui M, ArnaI P, Savet F, Ieger D. (2014). SIeep and Exercise: A ReciprocaI Issue?. SIeep Medicine Review 20, 1-14.

Darmodjo, R. (2011). Buku Ajar Geriatric (Ilmu Kesehatan Lanjut Usia) Edisi Ke-4. Jakarta: FKUI

Dewi, A.A.I., Wahyuni, N., Andayani, N.L.N., Griadhi, I.P.A. (2020). Hubungan AKtivitas Fisik dengan Kualitas Tidur pada Usia Lanjut di Desa Sumerta Kelod. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia Vol. 8, No. 1

Fakihan, A. (2016). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kualitas Tidur pada Lanjut Usia. [Skrips]. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Fatmah. (2010). Gizi Usia Lanjut terhadap aktivitas fisik Jakarta: PT Penerbit Erlangga

Fitira, A & Aisyah, S. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Tidur Pada Lanjut Usia Di Desa Babah Dua. Gentle Birth Vol. 3, No. 1

Guimarães AV, Saulo V R, Aline R B . (2014). Exercise and cognitive performance in older adults: a systematic review. Medicina 47 (4).

Hidayat A. (2009). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia ApIikasi Konsep dan Proses Keperawatan Edisi 2. Surabaya: SaIemba Medika.

Izzah. A. (2014). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Fungsi Kognitif Lansia pada Lansia Usia 60-69 Tahun di Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Saintika Medika: Jurnal Bidang Kedokteran dan Kesehatan Vol. 10, No. 2.

Kemenkes RI. (2017). AnaIisis Lansia di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Komsiatiningsih. (2015). Pengaruh Program Rutin Exercise Aerobik dan Pemberian Iatihan ReIaksasi Otot Progresif Terhadap Latensi dan Durasi Tidur Pada Lansia di UPT PSIU Magetan. FakuItas Keperawatan Universitas AirIangga Surabaya.

Malakouti S, Foroughan M, Nojomi M, Ghalebandi M, Zandi T. (2009). SIeep Patterns, Sleep Disturbances and Sleepiness in Retired Iranian EIders. InternationaI JournaI of Geriatric Psychiatry 24 (11), 1201-1208.

Maryam & Rosidawati. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Middleton LE, Barnes DE, Lui LY, et al. (2010). Physical activity over the life course and its association with cognitive performance and impairment in old age. J Am Geriatr Soc. 7:1322-6.

Miller, C.A. (2012). Nursing for Wellness in Older Adults (6th Ed.). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Muzamil, M.S., Afriwadi, & Martini, R.D. (2014). Hubungan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif pada usila di kelurahan jati kecamatan padang timur. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, 3 (2), 202–205.

Noor, C.A. & Merijanti, L.T. (2020). Hubungan antara Aktivitas Fisik dengan Fungsi Kognitif pada Lansia. Jurnal Biomedika dan Kesehatan Vol. 3 No. 1

Pathy, M J , Sinclair, A J & Morley, J E. (2006). Principle and Practice of Geriatric Medicine. 4th ed. England: John Wiley & Sons, Ltd.

Phillips C, Baktir MA, Srivatsan M, et al. (2014). Neuroprotective effects of physical activity on the brain: A closer look at trophic factor signaling. Front Cell Neurosci. 8:1-16.

Potter & Perry. (2010). Fundamental of Nursing: Consep, Proses and Practice 7th ed. Vol. 3. Jakarta : EGC

Riani, A.D & Halim, M.S. (2019). Fungsi Kognitif Lansia yang Beraktivitas Kognitif secara Rutin dan Tidak Rutin. Jurnal Psikologi Vol 46, No.2

Rosdianti Y, HerIina, Hasanah O. (2018). Hubungan Activity of DaiIy Living (ADL) dengan KuaIitas Tidur pada Lansia di PSTW KhusnuI Khotimah Pekanbaru. JOM FKp 5 (2), 660-666.

Soetjiningsih, C. H. (2018). Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir. Kencana.

Sofiah, S., Rachmawati, K., Setiawan. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Tidur Pada Santriwati Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan.

Stathokostas, L. (2012). Flexibility Training and Functional Ability in Older Adults: A Systematic Review. Journal of aging research.

Triyadini, Asrin, Upoyo A. (2010). Efektifitas Terapi Massage Dengan Terapi Mandi Air Hangat Terhadap Penurunan Insomnia Lansia. JurnaI Keperawatan Soedirman 5 (3), 174-181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id