PENGARUH PEMBERIAN CAIRAN KOLOID-KRISTALOID DAN KRISTALOID PRE OPERASI SECTIO CESAREA DENGAN ANESTESI SPINAL TERHADAP MEAN ARTERIAL PRESSURE (MAP) DI RSUD CILACAP

Budi Joko Santoso, Edi Sucipto, Bambang Utoyo

Abstract


Sebagai prosedur operasi, maka pelaksanaan sectio cesarea memerlukan tindakan anestesi. Anestesia yang digunakan pada operasi sectio cesarea tidak sama dengan jenis anestesi pada prosedur operasi lain. Operasi sectio cesarea, anestesi regional lebih sering digunakan dibandingkan anestesi general. Potensi untuk hipotensi dengan teknik spinal merupakan risiko terbesar bagi ibu bersalin. Salah satu penatalaksanaan untuk mencegah hipotensi pasca anestesi spinal adalah dengan pemberian cairan intravena sebelum pembiusan.

Mengetahui pengaruh pemberian cairan koloid-kristaloid dan kristaloid pre operasi sectio cesarea dengan anestesi spinal terhadap tekanan darah di RSUD Cilacap Tahun 2012.Jenis penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan pre test post test with control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu sectio cesarea dengan anestesi spinal di Ruang Instalasi Bedah Sentral RSUD Cilacap. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sejumlah 40 orang. Uji beda untuk mengetahui perbedaan tekanan darah antara kelompok kontrol dengan kelompok kasus menggunakan Independent Sample T-Test dan untuk mengetahui perbedaan tekanan darah antara kelompok kontrol atau kelompok intervensi sebelum perlakuan menggunakan Paired Sample T-Test.

Secara statitik ada pengaruh pemberian cairan koloid-kristaloid pre operasi sectio cesarea dengan anestesi spinal terhadap Mean Arterial Pressure di RSUD Cilacap Tahun 2012.

Kata Kunci : Cairan Koloid, Operasi Cesarea, Anestesi Spinal, MAP


Full Text:

download pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id