KONDISI PSIKOLOGIS “TINGKAT STRES” MAHASISWA SEMESTER 6 SELAMA MASA PANDEMI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GOMBONG

Ernawati Ernawati, Reza Pangestuty, Rina Saraswati

= https://doi.org/10.26753/jikk.v18i2.860
Abstract views = 140 times | views = 30 times

Abstract


Penyebaran coronavirus saat ini membuat perubahan besar dalam kehidupan. Dampak Coronavirus sangat berpengaruh khususnya pada bidang pendidikan, dimana pelajar belajar dari rumah menggunakan media belajar online. Kurangnya akses bertemu dengan teman, banyaknya tugas dimasa pandemic membuat mahasiswa menjadi stres.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi psikologis ‘tingkat stres” mahasiswa keperawatan program sarjana semester 6 selama masa pandemi coronavirus (covid-19) di Universitas Muhammadiyah Gombong.

Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey, dengan jumlah populasi 138 mahasiswa. Sampel yang digunakan dengan teknik total sampling. Uji statistik menggunakan Descriptive Statistics Frequencies, pengumpulan data dilakukan pada tanggal Juli-Agustus 2021, instrumen dengan menggunakan Kuisioner School Burnout Inventory (SBI). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa jenis kelamin perempuan sebanyak 97 responden (70,3%), laki-laki sebanyak 41 responden (29,7%). Sedangkan Dilihat dari lingkungan mahasiswa didapatkan hasil 43 responden (31,2%) berada dikos, 95 responden (68,8%). Nilai kecemasan berdasarkan School Burnout Inventory (SBI) didapatkan 70 responden (50,7%) berada pada tingkat cemas emotional exhaution, 38 responden (27,5%) berada pada tingkat cemas cynism dan 30 responden (21,7%) berada pada tingkat cemas personal inadequaty.

Hasil penelitian bahwa mayoritas reponden mengalami masalah emotional exhaution. Pentingnya bagi institusi Pendidikan untuk melakukan screeaning dan memberikan intervensi metode pembelajaran untuk mengurangi kecemasan bagi mahasiswa dimasa pandemi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jikk@unimugo.ac.id