HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG GIZI DENGAN SIKAP BERPANTANG MAKANAN SELAMA MASA NIFAS

Diah Astutiningrum, Wiwit Pratiwi, Eka Riyanti

= https://doi.org/10.26753/jikk.v20i1.1314
Abstract views = 65 times | views = 10 times

Abstract


Latar Belakang :Tingkat pengetahuan yang tinggi pada ibu post partum akan tinggi juga pengetahuannya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan informasi yang didapatkan dengan baik.

Banyak ibu nifas yang melakukan berpantang makanan, makanan yang menjadikan sumber protein, membatasi makan berkuah, air putih dan ikan-ikan yang seharusnya tidak dipantang dalam makanan ibu nifas. Selain itu dari sisi pengetahuan ibu nifas juga menjadi faktor yang menyebabkan berpantang makanan karena kurang pengetahuan terkait gizi ibu pada masa nifas, seperti protein yang seharusnya banyak di konsumsi malah dihindari, hanya nasi dan buah – buahan yang boleh dimakan.

Tujuan :Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang gizi dengan sikap berpantang makanan selama nifas .

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling  dengan 42 responden.

Hasil Penelitian : hasil penelitian ini menunjukan hasil uji statistic menunjukkan hasil bahwa tingkat pengetahuan ibu baik terdapat 36 responden (85,7%). Sedangkan tingkat pengetahuan ibu cukup terdapat 6 responden (14,7%). Sedangkan untuk data sikap berpantang makanan dari 42 responden menunjukan hasil dengan sikap tidak berpantang sebanyak 25 responden (59,5%)  dan sikap berpantang 17 responden (40,5%).

Kesimpulan : ada hubungan tingkat pengetahuan tentang gizi dengan sikap berpantang makanan selama nifas Di wilayah  Pukesmas Kebumen 2 dengan p-value (0.000) (<0.05).

 

Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, ibu masa nifas, pantang makan


Keywords


Pengetahuan, sikap, ibu masa nifas, pantang makan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View JIKK Stats

Creative Commons License

JIKK (e-ISSN: 2598-9855; p-ISSN: 1858-0696) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.
Phone: (0287) 472433 | Email: jikk@unimugo.ac.id