PENERAPAN SISTEM KUALITAS DENGAN PEMBUATAN MESIN LEAKTESTER MASKING UNTUK MENGURANGI REJECT MASUK CAT PADA FUEL TANK SEBELUM MASUK PROSES PAINTING DI PT. XYZ

Nensi Yuselin

= https://doi.org/10.26753/jitin.v2i2.1286
Abstract views = 38 times | views = 10 times

Abstract


Kualitas produk sangat penting dalam industri manufaktur untuk membuat pelanggan puas dan mengurangi biaya perbaikan. Adanya reject cat masuk pada fuel tank sebelum proses painting steel merupakan masalah bagi produsen otomotif. Masalah ini dapat menyebabkan produk cacat dan kurang efisien. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem kualitas dengan membuat mesin tester pemborosan yang dapat mengurangi jumlah reject cat yang masuk ke dalam tank bahan bakar sebelum tahap painting. Berikutnya, penelitian ini akan merancang dan mengimplementasi mesin leaktester masking yang inovatif. Setelah mesin leaktester dibuat maka dilakukan trial untuk menguji efektivitas mesin dalam mengurangi jumlah reject masuk cat pada fuel tank. Data hasil dengan menggunakan data sampel berupa 30 sampel tipe A dan 30 sampel tipe B, setelah itu penggunaan mesin akan dianalisis untuk mengukur efektifitas dan efisiensi dalam mengurangi reject masuk cat pada fuel tank. Hasil dari tugas akhir ini diharapkan akan memberikan manfaat nyata bagi produsen fuel tank dalam meningkatkan kualitas produk dan mengurangi biaya repair yang disebabkan oleh reject masuk cat


Keywords


Fuel tank, Kualitas, Leaktester Masking, painting Steel, Reject part

Full Text:

PDF

References


Ahyari, A. (1990). Manajemen Produksi: Pengendalian Produksi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Ardi, S., & Setyowati. (2016). Desain Sistem Kendali Mesin Penguji Kebocoran Udara Menggunakan Sistem Kendali PLC OMRON CJ2M di HVAC (Heating, Ventilating, and Air Conditioning). Jurnal Teknik Mesin (JTM), 5, 146-151.

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Cesarina, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(1), 211-224.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 16(2), 63-76.

Fahanesto, Y. (2019). Rancang Bangun Fuel Quantity Indicating Menggunakan Water Flow Sensor Berbasis Mikrokontroler Atmega 328. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nensi Yuselin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412

email: jitin@unimugo.ac.id