PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN SERVICE QUALITY PERPUSTAKAAN (STUDY KASUS PERPUSTAKAAN MIBS KEBUMEN)
= https://doi.org/10.26753/jitin.v1i1.793
Abstract views = 400 times | views = 120 times
Abstract
Perpustakaan Muhammadiyah Integrated Boarding School (MIBS) merupakan perpustakaan yang diperuntukan bagi siswa SMP, SMA, guru dan karyawan. Saat ini jumlah rata-rata pengunjung perpustakaan belum sesuai dengan target sekolah yaitu total pengunjung 30% per hari dari seluruh jumlah pemustaka. Pelayanan yang baik merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan dalam perpustakaan. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan dalam perpustakaan adalah dengan membuat strategi peningkatan pelayanan dengan metode service quality. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi peningkatan service quality di perpustakaan MIBS Kebumen. Penelitian diawali dengan identifikasi permasalahan service quality perpustakaan yang berdasarkan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Langkah selanjutnya mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi dengan menggunakan metode Servqual. Hasil pengukuran menunjukkan perpustakaan MIBS Kebumen yang masih membutuhkan perbaikan pada semua dimensi. Rekomendasi strategi peningkatan pelayanan perpustakaan MIBS Kebumen yaitu membuat desain tata letak fasilitas ruang perpustakaan dan membuat SOP pelayanan pustakawan. Validasi dilakukan dengan uji chi square. Hasil pengujian menunjukan nilai chi square lebih dari 0,05. Hal ini berarti perancangan ulang tata letak fasilitas ruang kerja terkesan nyaman dan pelayanan terkesan baik.
Full Text:
PDFReferences
Diskerpus., (2015), Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, https://diskerpus.lebakkab.go.id/wp-content/uploads/2019/05/Pedoman-Penyelenggaraan-Perpustakaan-Sekolah.pdf
Febriyani, (2013), Definisi Perpustakaan Menurut Para Ahl.i http://febriyani23.blogspot.com/2013/11/definisi-perpustakaan-menurut-para-ahli.html
Apriyansyah, (2018), Pelayanan Perpustakaan Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan, http://repository.radenintan.ac.id/4691/1/SKRIPSI.pdf
Sholahuddin M., (2014), Evektivitas Layanan Di SMP Negri 131 Jakarta, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33086/4/SHOLAHUDDIN%20MISBAH-FITK.pdf
Siti Kh., (2018), Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Mi Darul Ulum Ngaliyan Semarang, http://eprints.walisongo.ac.id/8297/1/133311056.pdf
Hasan Arif NST, ( 2017), Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Jasa Layanan Kepada Pemustaka Di Kantor Arsip, Perpustakaan Dan Dokumentasi Kabupaten Labuhanbatu http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/17480/150723014.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Prita A, (2015), Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Dalam Pengelolaan Perpustakaan Di Universitas Tadulako
Fahmi A., (2019), Manajemen Layanan Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri I Pringsewu, http://repository.radenintan.ac.id/7388/1/SKRIPSI%20FAHMI.pdf
Yuliasari, (2017), Evaluasi Kualitas Pelayanan Pengguna Dengan Metode Servqual Pada Perpustakaan Iain Batusangkar Sumatera Barat, http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/3983/130709017.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Dewi Septa N., (2013), Kelebihan dan kekurangan metode, http://dwiseptanirwanasari.blogspot.com/2013/03/kelebihan-masing-masing-metode.html
Singgih S., (2012), Panduan Lengkap SPSS Versi 20, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012), hal. 224 https://www.advernesia.com/blog/spss/cara-uji-reliabilitas-spss-alpha cronbachs-data-kuesioner
Anyal F., (2015) Statistika 2 (Uji Chi Square). https://anyalfiyan.wordpress.com/2015/05/05/statistika-2-uji-chi-square/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Teknik Industri
View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under
a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Universitas Muhammadiyah Gombong
Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412
email: jitin@unimugo.ac.id