PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN SERVICE QUALITY PERPUSTAKAAN (STUDY KASUS PERPUSTAKAAN MIBS KEBUMEN)

Siti Mahmudah, Widyastuti Widyastuti

= https://doi.org/10.26753/jitin.v1i1.793
Abstract views = 403 times | views = 120 times

Abstract


Perpustakaan Muhammadiyah Integrated Boarding School (MIBS) merupakan perpustakaan yang diperuntukan bagi siswa SMP, SMA, guru dan karyawan. Saat ini jumlah rata-rata pengunjung perpustakaan belum sesuai dengan target sekolah yaitu total pengunjung 30% per hari dari seluruh jumlah pemustaka. Pelayanan yang baik merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan dalam perpustakaan. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan dalam perpustakaan adalah dengan membuat strategi peningkatan pelayanan dengan metode service quality. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi peningkatan service quality di perpustakaan MIBS Kebumen. Penelitian diawali dengan identifikasi permasalahan service quality perpustakaan yang berdasarkan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Langkah selanjutnya mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi dengan menggunakan metode Servqual. Hasil pengukuran menunjukkan perpustakaan MIBS Kebumen yang masih membutuhkan perbaikan pada semua dimensi. Rekomendasi strategi peningkatan pelayanan perpustakaan MIBS Kebumen yaitu membuat desain tata letak fasilitas ruang perpustakaan dan membuat SOP pelayanan pustakawan. Validasi dilakukan dengan uji chi square. Hasil pengujian menunjukan nilai chi square lebih dari 0,05. Hal ini berarti perancangan ulang tata letak fasilitas ruang kerja terkesan nyaman dan pelayanan terkesan baik.


Full Text:

PDF

References


Diskerpus., (2015), Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, https://diskerpus.lebakkab.go.id/wp-content/uploads/2019/05/Pedoman-Penyelenggaraan-Perpustakaan-Sekolah.pdf

Febriyani, (2013), Definisi Perpustakaan Menurut Para Ahl.i http://febriyani23.blogspot.com/2013/11/definisi-perpustakaan-menurut-para-ahli.html

Apriyansyah, (2018), Pelayanan Perpustakaan Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan, http://repository.radenintan.ac.id/4691/1/SKRIPSI.pdf

Sholahuddin M., (2014), Evektivitas Layanan Di SMP Negri 131 Jakarta, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33086/4/SHOLAHUDDIN%20MISBAH-FITK.pdf

Siti Kh., (2018), Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Mi Darul Ulum Ngaliyan Semarang, http://eprints.walisongo.ac.id/8297/1/133311056.pdf

Hasan Arif NST, ( 2017), Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Jasa Layanan Kepada Pemustaka Di Kantor Arsip, Perpustakaan Dan Dokumentasi Kabupaten Labuhanbatu http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/17480/150723014.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Prita A, (2015), Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Dalam Pengelolaan Perpustakaan Di Universitas Tadulako

Fahmi A., (2019), Manajemen Layanan Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri I Pringsewu, http://repository.radenintan.ac.id/7388/1/SKRIPSI%20FAHMI.pdf

Yuliasari, (2017), Evaluasi Kualitas Pelayanan Pengguna Dengan Metode Servqual Pada Perpustakaan Iain Batusangkar Sumatera Barat, http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/3983/130709017.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Dewi Septa N., (2013), Kelebihan dan kekurangan metode, http://dwiseptanirwanasari.blogspot.com/2013/03/kelebihan-masing-masing-metode.html

Singgih S., (2012), Panduan Lengkap SPSS Versi 20, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012), hal. 224 https://www.advernesia.com/blog/spss/cara-uji-reliabilitas-spss-alpha cronbachs-data-kuesioner

Anyal F., (2015) Statistika 2 (Uji Chi Square). https://anyalfiyan.wordpress.com/2015/05/05/statistika-2-uji-chi-square/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Teknik Industri



View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412

email: jitin@unimugo.ac.id