DESAIN BOARDWALK WISATA AIR WATU GONG MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING

Syifaul Khasanah, Widyastuti Widyastuti

= https://doi.org/10.26753/jitin.v1i1.792
Abstract views = 369 times | views = 112 times

Abstract


Wisata Air Watu Gong terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen memiliki sarana utama untuk menyusuri objek wisata berupa boardwalk. Kondisi boardwalk belum sesuai dengan standar keamanan diantaranya disebabkan adanya sisi kayu yang runcing, permukaan boardwalk tidak rata dan kerapatannya tidak sama. Selain itu Boardwalk juga tidak dapat dilalui oleh dua orang secara bersamaan dan handrail boardwalk hanya terdapat pada satu sisi dengan tinggi tidak sesuai standar untuk itu diperlukan desain boardwalk yang lebih aman. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini dilakukan perancangan desain boardwalk di wisata air Watu Gong Kebumen menggunakan metode Kansei Engineering. Tahapan penelitian dimulai dengan identifikasi kata kansei yaitu aman, kuat, dan indah. Proses selanjutnya adalah penentuan desain parameter yaitu boardwalk berbahan dasar kayu ulin yang dilengkapi dengan handrail. Warna yang terpilih untuk seluruh kerangka boardwalk adalah warna natural kayu dan pada tulisan yang tertera pada papan petunjuk arah menggunakan warna kuning dengan C:0, M:10, Y:100, K:0. Validasi desain boardwalk menggunakan uji marginal homogeneity menunjukkan bahwa desain boardwalk telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Full Text:

PDF

References


M. Nagamachi and A. M. Lokman, Innovation Of Kansei Engineering, Boca Raton: CRC Pres, 2013.

I. Rudiansyah, Desain Mainan Kreatif Bongkar- Rakit Candi, Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2013.

S. I. Nugraha, Perancangan Kemasan Kripik Tempe Mocaf dengan Kansei Engineering, Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2015.

D. Ismuratih, Pengembangan Desain Fasilitas Kamar Kos Mahasiswa Menggunakan Metode Kansei Engineering Dan Association Rule System, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

M. Haryono and C. Bariyah, "Perancangan Konsep Produk Alas Kaki Dengan Menggunakan Integrasi Metode Kansei Engineering Dan Model Kano," Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol, 13. No, 01, p. 71, 2014.

F. Wicaksono, A. Hadiana and M. Asfi, "Penarapan Kansei Engineering Pada Rancangan Antarmuka E- Learning Berbasis Web," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Yogyakarta, 2016.

H. and S. Nandiroh, "Kolaborasi Desain Berbasis Web dan Kansei Engineering Pada Casing USB Flash Disk," Jurnal Penelitian Sains dan Teknologi, Vol. 10, NO. 02, pp. 169- 180, 20012.

E. M. Dwi, Perancangan Smart Packaging Intip Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan ECO- Desain, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

W. A. Guna Ady, Pengembangan Desain Korsi Roda Khususnya Pada Lansia Berdasarkan Citra (Image) Produk Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2012.

M. Srikandini, J. K. Runtuk and L. P. Sari H, "Rekayasa Desain Batik Tulis Jetis- Sidoarjo Melalui Implementasi Metode Kansei Engineering," Jurnal Gema Aktualita, Vol. 01, No. 01, pp. 47- 56, 2012.

N. Rahmayani, Y. and A. Desrianty, "Rancangan Kemasan Bedak Tabur (Loose Powder) Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering," Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, p. 170, 2015.

Auckland Council, Auckland Parkland Design Guidelines Built Element Details, Auckland: Auckland Council, 2013.

H. Purnomo, Antropometri dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

S. Wignjosoebroto, A. Rahman and Y. Endrianta, "Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Metode Systematic Layout Planning," Laboratorium Ergonomi, 2014.

J. S. Groenier, Trail Bridge Rail Systems, Missoula: United States Department of Agriculture, 2013.

R. Chapman and G. Collins, Bridge Aesthetics, New South Wales: NSW Government, 2012.

M. V. R. Hall, Stair Safety: Causes and Prevention of, Ithaca, New York: National Safety Council, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Teknik Industri



View My Stats
This journal (p-ISSN:2830-0076; e-ISSN:2830-0084) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Universitas Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412

email: jitin@unimugo.ac.id